Getaran gempa Tuban terasa hingga di Keresidenan Pati

(Foto: Sejumlah pengunjung pasar Kliwon Kudus keluar di saat gempa, Jumat 22 Mar 2024)

Kabarpatigo.com - PATI - Getaran gempa di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dirasakan oleh masyarakat di kabupaten sekitar di wilayah Keresidenan Pati, mulai dari Kabupaten Rembang, Blora, hingga Kudus, Jumat (22/3/24).

Menurut Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora Heri Purnomo dihubungi dari Kudus, gempa di Tuban memang terasa getarannya hingga di Kabupaten Blora pada pukul 11.22 WIB.

Baca Juga: Hadiri Kongres Desa Indonesia 2024, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Peningkatan Pembangunan Desa

Anggota PWI yang ada di kantor menempati kompleks Gor Mustika Blora, saat kejadian juga berlarian keluar kantor karena getarannya terasa. Termasuk getaran gempa susulan yang kedua juga lebih terasa dibandingkan yang pertama.

Baca Juga: Muhammadiyah Gelar Pengajian Serentak di 6 Karesidenan se Jateng

Baca Juga: Ramadhan 1445 H, SMP Muhammadiyah 1 Pati Gelar Pesantren Kilat

Baca Juga: BPBD Pati : Gempa Terasa di Pati 2 Kali, Salah Satunya Getarkan

Baca Juga: Sikapi Banjir di Pati, Dirjen Kementan Pantau Banjir dengan Beri Dana Rp 1.92 Miliar untuk Bantuan Bibit

"Ruangan yang dijadikan kantor PWI sebelumnya memang ada kerusakan, namun belum bisa memastikan setelah gempa semakin parah atau tidak. Mudah-mudahan nantinya ada langkah perbaikan secepatnya," ujarnya.

Meskipun demikian, BPBD setempat mencatat tidak mendapatkan laporan adanya kerusakan pada fasilitas umum maupun bangunan milik masyarakat.

Baca Juga: Jelang Pilkada 2024, KPU Pati Segera Siapkan Badan Ad Hoc

Demikian halnya di kabupaten terdekat dengan Tuban, yakni Kabupaten Rembang juga terjadi dampak kerusakan.

"Hasil pengecekan ke masing-masing camat di Kabupaten Rembang, menyebutkan tidak ada laporan kerusakan," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang Sri Jarwati.

Termasuk, kata dia, kecamatan terdekat dengan Kabupaten Tuban, seperti Kecamatan Sarang, Sluke, Sale, maupun Kragan tidak ada laporan kerusakan bangunan.

"Hingga saat ini, kami belum menerima laporan adanya kerusakan, sehingga wilayah Rembang aman dari dampak gempa di Tuban," ujarnya.

Nila Rusiani, salah satu warga Kudus mengakui merasakan getarannya dua kali.

"Getaran gempa yang pertama pukul 11:22 WIB, kedua pukul 15:54 WIB dengan getaran yang lebih keras dan lebih lama," ujarnya.

Ia mengakui sempat keluar ruangan saat mengetahui ada getaran gempa.

Pemberitaan sebelumnya, disebutkan gempa di Tuban terjadi Jumat (22/3/24) pukul 11:22 WIB, berpusat di laut pada jarak 132 kilometer timur laut Kota Tuban dan berkekuatan 6 magnitudo di koordinat 5.74 Lintang Selatan (LS) dan 112,32 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer. (antara)

Komentar