Milad ke 57 TK Aisyiyah 02 Pati Gelar Diskusi Parenting Pola Asuh dan Pemanfaatan Media Sosial Bagi Anak

(Foto: suasana acara Milad ke 57 TK Aisyiyah 02 Pati di Pendopo Kabupaten Pati, Sabtu 9 Mar 2024)

Kabarpatigo.com - PATI - Dalam rangka memperingati Milad TK Aisyiyah 02 Pati ke 57, pihak sekolah mengadakan berbagai dnegan kegiatan.

Bertempat di Pendopo Kabupaten Pati, acara Milad yang diikuti orang tua murid Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak juga hadir, Sabtu (9/3/24).

Acara Milad diawali dengan penampilan anak didik TPA dengan Tari Indang. Kelompok Bermain menampilkan tarian menyambut bulan Ramadhan dan anak didik TK Aisyiyah 02 menampilkan Tapak Suci.

Baca Juga: Griya Lansia Aisyiyah Pati Gelar Pesantren Kilat Ramadhan Lansia

Sebelumnya orang tua menerima laporan perkembangan anak tri wulan di semester genap tahun pelajaran 2023/2024.

Baca Juga: Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Muhammadiyah Lampung Tandatangani Kerjasama Bidang Perkebunan Karet Bersama Mercu BioTech Malaysia

Baca Juga: Dalam Rangkaian Tour Nasional, Ustad Rendy Saputra Ceramah di Pati 2 Hari

Ika Handayani selaku Ketua Komite PAUD Aisyiyah 02 menyampaikan pentingnya dukungan orang tua dalam proses pembelajaran di sekolah.

"Bahwa penting dukungan orang tua dalam proses pembelajaran di sekolah untuk ditindak lanjuti di rumah. Peran orang tua dan tumbuh kembang anak bekerja sama dengan guru di layanan sekolah agar tumbuh kembang anak lebih optimal," ungkap Ika.

Baca Juga: Diawali "Coba-Coba" Akhirnya SMA Muhammadiyah 2 Sukolilo Goes To Malaysia

Dalam acara Milad ke 57 TK Aisyiyah 02 Pati menghadirkan dua narasumber untuk memberikan wawasan dan hikmah tentang peran orang tua kepada anak yang lebih baik.

Narasumber pertama, Maria Khoria Zulfikar psikolog menyampaikan pola asuh yang positif dari orang tua kepada anak.

"Perlunya kekompakan ayah ibu untuk  menerapkan pola asuh yang sama supaya tidak membingungkan anak. Hal yang perlu dilakukan untuk anak balita mengatur perasaan dan pikiran untuk memberi reaksi yang sesuai dngan keadaan," terang Maria.

Sementara itu narasumber kedua, Dedy Andrianto menyampaikan pemanfaatan media yang positif bagi anak

"Luangkan waktu dan kualitas pendampingan anak di era digital jika peran keluarga tidak terpenuhi maka peran itu akan diambil alih lingkungan," kata Dedy Andrianto.

"Menyadari tentang kurangnya waktu  kuantitas yang kurang dapat diperbaiki dengan kualitas yang baik berkolaborasi dengan lingkungan yang baik. Serta perlunya menyiapkan lingkungan yang ramah anak, Gaget sebagai media cerdas imunisasi karakter dengan mengajarkan anak mana yang salah dan benar, mana yang baik dan mana yang buruk," sambungnya.

Dengan penuh serius orang tua mengikuti kegiatan dengan mengajukan pertanyaan kepada kedua narasumber tersebut.

Dalam rangkaian kegiatan Milad TK Aisyah 02 Pati ke 57 ini diselenggarakan dengan kegitan Market Day di halaman sekolah dan kegiatan menyambut bulan Ramadhan. (nw)

Komentar