Diawali "Coba-Coba" Akhirnya SMA Muhammadiyah 2 Sukolilo Goes To Malaysia

(Foto: Siswa SMA Muhammadiyah 2 Sukolilo ikuti program Internasional Mobilty ke Malaysia" di Malaysia selama 4 hari, Senin-Jumat, 4-8 Maret 2024)

Kabarpatigo.com - SUKOLILO - Perjalanan ke Luar Negeri bukanlah perjalanan yang menjadi angan-angan SMA Muhammadiyah 2 (SMAMMUDA) Sukolilo dalam waktu dekat, hingga dapat belajar dan terus belajar bagaimana caranya untuk memajukan sekolah yang diberikan amanah.

Sebagai Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Sukolilo, Akila terus mencari tahu, "Bagaimana ya bisa membranding sekolah saya," pikir Akilah.

Hingga akhirnya Akila mengikuti workshop branding sekolah bersama Coach Ali dan Bunda Nazilah. Setelah mengikuti workshop ini banyak sekali ilmu dan motivasi yang ia dapat.

Baca Juga: Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Muhammadiyah Lampung Tandatangani Kerjasama Bidang Perkebunan Karet Bersama Mercu BioTech Malaysia

Baca Juga: Dalam Rangkaian Tour Nasional, Ustad Rendy Saputra Ceramah di Pati 2 Hari

Berbagai kegiatan ia coba terapkan di sekolah SMAMMUDA. Sampai suatu saat dalam salah satu sesi pelatihan, pihak sekolah mendapat informasi tentang Program Internasional yang dipresentasiikan oleh Bunda Sunarmi dari Kendal.

Baca Juga: Milad ke 57 TK Aisyiyah 02 Pati Gelar Diskusi Parenting Pola Asuh dan Pemanfaatan Media Sosial Bagi Anak

Akila tertarik dan mencoba menyampaikan ke rapat komite. Sebenarnya ia tidak banyak berharap mengingat para siswa di sekolah SMAMMUDA berlatar belakang ekonomi menengah.

"Tidak menyangka bahwa program "coba-coba" yang kami sampaikan ke orang tua mendapat sambutan dari 2 orang tua siswa, meski akhirnya yang melanjutkan hanya satu siswa," ungkapnya.

Baca Juga: Sop Ayam Goreng Menu Perdana Buka Bersama di Masjid Moch Dahlan Pati

Program tersebut dinamakan "Internasional Mobilty ke Malaysia"  kerjasama dengan IRO UNIMUS. Selama 4 hari, Senin-Jumat, 4-8 Maret 2024 SMA Muhammadiyah 2 Sukolilo berada di Malaysia.

Kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dari PCM, dewan guru, siswa siswi utamanya dukungan dan kerjasama orang tua/wali murid yang luar biasa yang mana sudah bersedia membiayai kegiatan secara mandiri.

Demikian pula dengan kepala sekolah selain mendampingi siswanya juga melakukan kerjasama  penandatangan MoU dengan Perguruan Tinggi di Malaysia.

Perjalanan ke Malaysia diikuti oleh peserta dari gabungan beberapa sekolah dari berbagai daerah mulai tingkat SD, SMP, SMA yang  diselenggarakan oleh tim IRO UNIMUS (Universitas Muhammadiyah Semarang).

Banyak sekali pelajaran dan pengalaman luar biasa yang didapatkan sekolah serta manfaat sebagai peserta baik buat siswa maupun lembaga.

Saat ini, melalui kegiatan tersebut, SMAMMUDA Sukolilo sudah menjalin Kerjasama dengan  PT Muhammadiyah, yaitu UNIMUS dan UNIMY Malaysia.

"Dengan kerjasama ini InsyaAllah berbagai keuntungan kami dapatkan. Melalui lawatan ke Malaysia, saya dan satu siswa kami telah menjadi warga dunia," harap Akila.

"Siswa akan mendapatkan pengalaman berharga yang akan memberi kepercayaan diri untuk melangkah memasuki era global," imbuhnya.

"Saya sendiri mendapatkan pengalaman bahwa di saat kita berniat dan berjuang, nasib akan membawa saya pada pengalaman berharga dapat berdialog dengan banyak siswa dari seluruh Indonesia dan Malaysia, serta dengan para pengelola PT di Malaysia," tandasnya.

Dengan pengalaman tersebut pihak sekolah makin percaya diri mengajak masyarakat untuk bergabung dengan SMAMMUDA.

"Ayyok go Internasional bersama SMAMMUDA Sukolilo Pati," ajak Akila. (akl)

Komentar