Juliyatmono Puas Golkar Jateng Menang Besar di Pilkada Serentak 2020

(Foto: Sekretaris DPD I Partai Golkar Jawa Tengah Juliyatmono)

Kabarpatigo.com - SEMARANG - DPD Partai Golkar Jawa Tengah mengaku puas dengan hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020.

Meskipun Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan pemenang, namun dari hasil hitung-hitungan internal partai, dari 21 kabupaten/kota di Jateng yang selenggaran pilkada, Golkar mengantongi kemenangan di 17 daerah.

"Target kami awalnya 60 persen. Tapi alhamdulillah dapat 80 persen lebih. Dari 21 daerah, kami menang di 17 daerah," kata Sekretaris DPD Golkar Jateng, Juliyatmono, Rabu (16/12/20)

17 pasangan calon tersebut merupakan kandidat baik kader lain yang diusung maupun kader asli partai berlambang pohon beringin ini.

"Artinya ada yang kader sendiri, ada yang kami usung karena cukup bagus," ucap pria yang juga menjabat Bupati Karanganyar ini.

Calon yang diklaim menang dan berasal dari kader Golkar antara lain Fadia Arrafiq (Kabupaten Pekalongan), Dico Ganinduto (Kendal), Yoga Hardaya (Klaten), Sudono (Purbalingga), Yuli Hastuti (Purworejo), dan sebagainya.

Sedangkan yang ikut mengusung antara lain di Kota Semarang, Kota Solo, Boyolali, Sragen, Rembang, Wonogiri.

Sementara, untuk kader Golkar yang maju namun tidak memperoleh suara unggul antara lain di Pemalang (Eko Priyono), Kota Pekalongan (Balqis Diab), Blora (Riza Yuda).

Ketika ditanya kemenangan di Kendal, karena mengalahkan pasangan yang diusung partai peroleh suara terbanyak yakni PDIP dan PKB, Juli menuturkan hasil positif sudah diprediksi pihaknya.

"Kemenangan di Kendal bukan di luar dugaan, tapi sudah kami duga akan menang," tegasnya.

Ia menceritakan pada awalnya, banyak survei yang menyatakan bahwa gaco dari Golkar di Pilkada Kendal selalu menempati urutan buncit dari tiga pasangan yang maju.

Menurutnya, survei yang ada tidak sepenuhnya bisa dipercaya.

"Buktinya di survei nomor tiga terus, tapi hasilnya mereka nomor satu," kata Juli.

Di Kendal, Golkar mengusung kader yakni Dico Ganinduto berpasangan dengan Windu Suko Basuki yang merupakan kader Partai Demokrat.

Dico merupakan putra dari Bendahara Umum DPP Partai Golkar yang juga anggota DPR RI dari daerah pemilihan Banyumas dan Cilacap, Dito Ganinduto.

Juliyatmono menuturkan solidaritas dan kerja keras dari para kader merupakan kunci keberhasilan Golkar bisa berbicara banyak pada pesta demokrasi kali ini.

Jumlah kemenangan Golkar ini menyamai jumlah yang diraih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di provinsi yang dikenal dengan kandang banteng ini.

"Mereka (calon pemenang pilkada) artinya telah diterima masyarakat. Dengan keberhasilan ini, diharapkan spirit kami akan lebih baik, lebih bersemangat. Dan ini menunjukan kader kami cukup solid," imbuhnya. (TribunJateng.com)

#Juliyatmono


Komentar