Dihukum Penalti di Akhir Pertandingan, Pelatih Persipa Pati Soroti Hukuman Penalti Saat Lawan Nusantara United

(Foto: Pemain Persipa Pati merayakan gol pertama saat melawan Nusantara United di Liga 2 di stadion Moch Soebroto Kota Magelang, Selasa 30 Agu 2022)

Kabarpatigo com - PATI - Persipa Pati berhasil mencatatkan kemenangan 2-1 atas tuan rumah Nusantara United dalam laga perdananya di Liga 2 musim 2022/2023 di stadion Moch Soebroto Kota Magelang, Selasa (30/8/22) sore.

Meskipun menang, pelatih Persipa Pati Nazal Mustofa menyoroti hadiah penalti yang diberikan wasit kepada skuat Nusantara United pada menit akhir.

Pelatih Persipa heran dengan kejadian di menit akhir pertandingan yang seharusnya tidak ada penalti.

Menjelang menit akhir tambahan waktu, Nusantara United mendapatkan hadiah tendangan penalti usai penjaga gawang Persipa divonis wasit melakukan pelanggaran.

Ia berpendapat seharusnya tidak ada penalti karena bola merupakan milik kiper Persipa. 

"Soal penalti saya tidak menyalahkan. Kalau menurut saya itu bola kiper tapi kenapa kita kena penalti. Padahal wasit sudah bagus di menit awal pertandingan, tapi di menit akhir wasit sedikit nge-blank," ujar dia. 

Aksi protes adanya hadiah penalti tersebut pun terjadi hingga seorang pemain senior Persipa, Rudi Widodo mendapatkan kartu merah lantaran melakukan protes keras atas penalti yang didapat Nusantara United.

Memang tensi pertandingan di babak akhir cukup tinggi. Meski begitu Nazal bersyukur atas kemenangan yang diraih anak-anak asuhnya di laga perdana.

Ia merasa permainan di sisi sayap yang diterapkan berhasil, baik dalam hal menyerang maupun meredam serangan lawan.

"Alhamdulillah winger Nusantara bisa kami matikan. Alhamdulillah poin penuh kami dapat," ujar dia.

Rasa syukur juga diungkapkan CEO PT Laskar Saridin Pati, Joni Kurnianto, usai menyaksikan pertandingan. Ia mengapresiasi perjuangan tim Persipa dalam pertandingan tersebut. 

"Kami main di kandang lawan. Sepi memang. Secara mental seharusnya ketakutan, tapi alhamdulillah mental teman-teman tidak terpengaruh. Jadi alhamdulillah. Semoga sukses pertama kita bisa disambung sukses berikutnya," tandas Joni.

Bertandang ke Magelang untuk melawan tim tuan rumah, Nusantara United, tim berjuluk Laskar Saridin berhasil unggul dengan skor 2-1.

Pertandingan tanpa penonton ini berlangsung di babak pertama, jual beli serangan ditunjukkan oleh kedua kesebelasan.

Namun, tim besutan Coach Nazal Mustofa tampil lebih impresif dengan strategi permainan menyerang.

Hasilnya, pada menit ke-31, Riski Novriansyah berhasil mencetak gol melalui sundulan yang memanfaatkan umpan lambung Fendy Ninggar. Persipa unggul 1-0 hingga turun minum.

Di babak kedua, intensitas serangan Persipa Pati kian deras. Lini belakang Nusantara United tampak kewalahan menghalau serangan yang dilancarkan Riski Novriansyah dan kawan-kawan.

Pada menit ke-75, Riski Novriansyah memberikan umpan lambung kepada M. Rifai yang kemudian berhasil dikonversi menjadi gol. Papan skor berubah jadi 2-0 untuk keunggulan Laskar Saridin.

Menjelang menit akhir tambahan waktu, Nusantara United mendapatkan hadiah tendangan penalti usai penjaga gawang Persipa divonis wasit melakukan pelanggaran. 

Kevin Joshua Scheunemann yang menjadi eksekutor sukses mencetak bola pada menit 90+2. Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Persipa.

Kemenangan perdana Persipa tidak hanya berkat ketajaman pemain depan. Penjaga gawang Persipa Pati, Nuri Agus Wibowo, juga tampil impresif. 

Sejumlah penyelamatan gemilang sempat dilakukan oleh kiper yang dipinjam dari Persis Solo itu. (tribunbanyumas.com)

#PersipaPati

Komentar