Lazismu Pati Di Bulan Ramadhan Banyak Menerima Zakat Maal Dari Warga Pati

(Foto ; kantor Lazismu Pati Jln. Dr. Susanto No. 27 Randukuning Pati Lor Kecamatan Pati Kabupaten Pati)

Kabar PatiGo.com - PATI - Lazismu Pati di bulan Ramadhan tahun ini banyak menerima zakat maal dari warga. Bagi mereka bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan pahala akan dilipatgandakan bagi mereka yang berbagi antar sesama.

Zakat maal (harta) adalah zakat yang dikenakan atas harta yang dimiliki oleh individu dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan secara hukum islam.

“Tahun ini zakat maal sudah banyak dari masyarakat. Kebanyakan muslim perhitungannya di bulan Ramadhan, karena menurut hadis sendiri di bulan Ramadhan kebaikannya akan dinaikan 10x lipat. Sehingga lebih suka di bulan Ramadhan,” jelas Wahid Hidayat Aly ketua Lazismu Pati, Jumat (22/5/2020).

Dari hasil zakat maal, nantinya akan diberikan kepada 8 golongan yang wajib diberikan zakat baik dalam bentuk zakat konsumtif dan zakat produktif.

“Bentuknya beda-beda ada yang sifatnya dijadikan zakat konsumtif (bahan pokok) atau kebutuhan primer," sebut Wahid

“Ada juga yang model penyalurannya zakat produktif. Kita berikan kepada orang kurang mampu yang masih muda, produktif, atau masih bisa bekerja. Bentuknya berupa modal usaha, bisa juga bentuknya pinjaman tanpa bunga atau bisa kita belikan alat usaha. Seperti penjual kelapa muda yang di depan ini, kita belikan grobak,” sambung Wahid.

Sementara itu, Direktur Lazismu Pati Bukhori Muslim menjelaskan bahwa zakat mal bisa dilaksanakan kapanpun.

“Zakat maal bisa dibayarkan kapanpun tidak terbatas waktunya, hanya dinilai berdasarkan nishab dan haul 1 tahun dan dapat disalurkan dalam bentuk lebih fleksibel yaitu dalam wujud barang, modal pemberdayaan ataupun uang,” jelas Bukhori. (Red)

#muhammadiyah #muhammadiyahpati #lazismu #lazismupati #RamadhanBerkah


Comments