Menu Khas Lebaran, Ketupat dan Lontong. Apa Bedanya ?

(Foto : ketupat)

Kabar PatiGo.com - Pati - Saat Lebaran, ada menu khas yang selalu dihidangkan bagi yang merayakannya sayur bersantan dengan paduan ayam (opor ayam), dan daging sapi jadi menu spesial. Dilengkapi dengan ketupat dan lontong.

Baik ketupat dan lontong sama-sama dibungkus dan dibuat dari beras. Meski terlihat sama, namun ketiganya dibuat dengan cara yang berbeda dan disajikan dengan masakan khas.

Lontong dibuat dengan lapisan daun pisang. Sedangkan ketupat dibuat dengan daun kelapa muda yang sudah dianyam. Tentunya dari segi rasa dan aroma berbeda.

Berikut ini perbedaan antara ketupat dan lontong.

1. Lontong

Lontong dibuat dari beras setengah matang alias beras yang sudah diaron atau beras mentah. Beras setengah jadi ini dibungkus daun pisang berbentuk silinder atau tabung. Kemudian ujung atas dan bawah disemat lidi.

Lontong sering disajikan oleh orang di Jawa. Sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Di Indonesia lontong ada dua macam yaitu lontong polos dan lontong isi.

Lontong berisi potongan sayuran dan oncom enak disantap bersama dengan makanan lain. Sebenarnya lontong isi dalam kuliner Jawa disebut arem-arem.

Lontong polos biasanya disajikan dengan sayur gurih karena rasanya tawar. Bagian luar lontong berwarna kehijauan karena terkena warna daun pisang yang jadi bungkusnya.

2. Ketupat

Dibandingkan dengan lontong, ketupatlah yang paling berbeda. Ketupat tidak dibungkus dengan daun pisang, malainkan daun kelapa muda. Sebelum dimasukkan beras, ketupat juga dianyam.

Beras dicuci dan kemudian langsung dimasukkan ke dalam anyaman janur dan direbus dalam selama 2-4 jam hingga beras matang dan empuk.

3. Penyajian

Lontong biasanya disajikan dengan makanan yang identik berasal dari Jawa. Seperti opor ayam, soto hingga sayur gurih.

Ketupat memiliki tekstur yang lebih padat namun empuk. Ketupat sangat cocok dipadu bersama dengan rendang, sayur gurih dan gulai, dengan opor ayam pun cocok untuk disajikan.

Ketupat biasanya disajikan ketika jelang lebaran atau lebaran hari yang ketujuh oleh sebagian orang Jawa disebut Hari Raya Ketupat.  (Kp/AA)

#lebaran #lebaran2020 #ketupat #lontong #kulinerpati #oporayam


Komentar