Muhammadiyah Pati Tidak Menggelar Shalat Idul Fitri 1441 H

(Foto : kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati)

Kabar PatiGo.com - PATI - Muhammadiyah Pati pada Lebaran tahun ini tidak menggelar shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H. Tidak digelarnya shalat Idul Fitri dikarenakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati taat pada Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah) yang terbit untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

Muhammadiyah Pati tidak menyelenggarakan shalat Idul Fitri tahun 2020 karena ingin menerapkan Social/Phsyical Distancing dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Pati.

"Pimpinan Daerah Muhammadiyah sepenuhnya taat pada instruksi PP Muhammadiyah dalam pelaksanaan sholat Id yang dilaksanakan di rumah masing-masing. Instruksi PP Muhammadiyah berlaku bagi seluruh wilayah di Indonesia dengan tidak memandang zona apapun," jelas Asnawi, ketua PDM Pati.

Sesuai maklumat PP Muhammadiyah Idul Fitri 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020. Namun Muhammadiyah Pati tidak melaksanakan shalat Idul Fitri di lapangan seperti tahun sebelumnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya lokasi shalat Idul Fitri Muhammadiyah Pati selalu bertempat di halaman parkir Stadion Joyo Kusumo Pati.

"Secara normatif kelembagaan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati mengikuti Maklumat edaran PP Muhammadiyah tidak melaksanakan Sholat Id di lapangan," ungkap Taufiq

Dengan tidak menyelenggarakan shalat Idul Fitri tahun 2020, Muhammadiyah Pati sudah melakukan koordinasi dan berkirim surat kepada Dinas terkait atas tidak menyelenggarakan sementara shalat Idul Fitri pada tahun ini.

“Kami sudah berkirim surat pemberitahuan atas tidak menyelenggarakan shalat Idul Fitri tahun 2020 oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati kepada Bupati dengan tembusan Polres, Dinas PU, KONI, dan Kepala Desa Winong,” rinci Taufiq. (AA)

#muhammadiyah #muhammadiyahpati #Lebaran2020 #IdulFitri1441


Comments