Penerapan New Normal, Haryanto : Belum ada petunjuk yang jelas

(Foto : Bupati Pati Haryanto)

Kabar PatiGo.com - Pati - Mulai bulan depan Pemerintah pusat sudah menerapkan New Normal atau gaya hidup baru di tengah pandemi Covid-19. Sejumlah skema sudah disiapkan. Namun, di tingkat daerah masih belum jelas bagaimana penerapan kebijakan tersebut.

Tidak terkecuali di wilayah Pati, Jawa Tengah, Bupati Pati yang sekaligus ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati mengaku belum mendapatkan petunjuk yang jelas mengenai penerapan kebijakan new normal, Jumat (29/5).

”Soal kebijakan itu (new normal), kami belum mendapat petunjuk,” jawab Bupati

Namun, pihaknya mengaku akan semakin mengetatkan protokol-protokol kesehatan, terutama di fasilitas publik, seperti pasar dan pusat-pusat keramaian masyarakat lain.

”Kami juga berencana akan melakukan rapid test acak di beberapa pasar tradisional,” jelas Haryanto.

Di lain pihak, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati mengajak masyarakat terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Hal tersebut menyusul kebijakan Pemerintah Pusat yang akan menerapkan new normal untuk membuka kembali aktifitas masyarakat dan menggerakkan roda ekonomi di tengah pandemi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Edy Siswanto, mengatakan, virus corona dapat dihadapi dengan adanya kemandirian masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

“New normal ini kan suatu pola perilaku. Mau tidak mau masyarakat harus melaksanakan gerakan. Covid ini tidak bisa hilang selamanya, maka seperti perkataan bapak Presiden, kita harus berdamai dengan covid-19,” jelasnya. (Red)

#HumasPati #BupatiPati #haryanto #pemkabpati #newnormal 


Komentar