Rock Balancing, Wisata Unik Desa Sirahan Pati


(Foto : salah satu peserta touring Alif Amari menyaksikan langsung Masruri "kaos merah" menumpuk batu)

Kabarpatigo.com - CLUWAK - Jalan-jalan di daerah Pati utara sungguh mengasyikkan. Apalagi ditambah medan yang menantang naik turun, hamparan sawah luas, dan pemandangan sungai bebatuan yang indah.

Akhir pekan lalu rombongan dari WA Grup "Pati Garis Lucu" mengadakan touring di Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati, Minggu (21/6/2020). Anggota WAG "Pati Garis Lucu" ini tersebar di berbagai wilayah di kabupaten Pati.

"Touring ini diadakan bukan sekedar bersenang-senang, namun untuk memperkenalkan wisata Pati," ujar Kaji Mad salah satu korlap Touring WAG "Pati Garis Lucu"

Selain jelajah alam dengan melihat indahnya kawasan Sirahan, di sana juga bisa melihat langsung fenomena "menumpuk batu" atau Rock Balancing yang sempat viral di medsos beberapa tahun lalu. Karena Sirahan unggul dalam pemandangan sungai yang bebatuan.

Tumpukan batu yang biasa disebut Rock Balancing ini bisa dilihat di Sungai Gelis Sirahan Cluwak Pati Jateng. Fenomena ini sempat viral di media sosial, sehingga banyak warga dari luar daerah yang berdatangan untuk melihat langsung bagaimana proses "menumpuk batu' dari dekat.
(Perumahan Ndalem Asri Gambiran-Sukoharjo-Margorejo-Pati. CP : 082227192177)

Salah satu peserta touring, Alif Amari tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bermain "Rock Balancing", kebetulan Alif bersama salah satu warga Sirahan yang lihai dalam menumpuk batu Masruri berada di pinggir sungai, di kesempatan itulah Alif menyaksikan langsung bagaimana Masruri menumpuk batu dengan tenang, waktu yang ia butuhkan hanya 32 detik.

Masruri warga Sirahan ini orang pertama yang bermain Rock Balancing di sungai Gelis Sirahan. Masruri bercerita awal mula ada rock balancing warga dibikin heboh bahkan tumpukan batu yang rapi itu dianggap kerja sama dengan jin.

"Awal mula adanya tumpukan batu (rock balancing) di sekitar sungai dianggap hasil kerja sama dengan jin," cerita Masruri

Ditanya bagaimana proses penumpukan batu bisa rapi dan kelihatan unik, Masruri menjelaskan yang dibutuhkan adalah keseimbangan antara pikiran dan hati.

"Untuk menyusun atau menumpuk batu dibutuhkan kesimbangan, hati pikiran harus tenang, dan di dalam menumpuk batu ada ilmu keseimbangan," sambungnya.

Adanya Rock Balancing di Sirahan ini bisa menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk mengunjungi kawasan wisata Pati utara. (aa)


#WisataPati #RockBalancing #patiwisata #sirahan #cluwak

Komentar