Tes Antigen di Hotel dan Tempat Wisata Akan Diberlakukan Bupati Haryanto di Pati

(Foto: salah satu Taman Kota di Pati)

Kabarpatigo.com - PATI - Bupati Pati Haryanto mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti kebijakan Gubernur Jawa Tengah untuk memberlakukan tes cepat (rapid test) antigen di tempat pariwisata dan hotel.

Ia meyakini, hal ini dapat memutus mata rantai persebaran Covid-19.

"Jadi tempat pariwisata yang ada harus menyediakan rapid test antigen. Kalau ada yang reaktif, ya tidak boleh masuk. Sebab (kalau dibiarkan masuk) nanti dapat menimbulkan dampak yang lebih luas lagi," ungkap dia ketika menjadi pembicara Zoominar yang diadakan Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati, Senin (21/12/20).

Dari Paringgitan Pendopo Kabupaten Pati, Haryanto menyampaikan materi "Tatanan New Normal pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Pati".

Ia menegaskan bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan apabila pelaksanan tes usap (swab) maupun rapid test lebih dimasifkan.

"Tentu akan banyak yang ketahuan (positif Covid-19). Namun dampaknya baik, sebab dapat mempermudah tracing," ujar dia.

Terkait libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Haryanto mengimbau masyarakat agar tidak usah bepergian atau berekreasi terlebih dahulu. 

Menurutnya, apabila masyarakat menahan diri untuk bepergian, sama artinya dengan mencegah munculnya klaster Covid-19 yang baru.

"Terkait pariwisata, nanti asisten (Asisten Sekda bidang) pemerintahan bersama pejabat terkait membuat surat edaran kepada pengelola pariwisata maupun hotel untuk menyediakan rapid test antigen. (Bagi pengunjung) kalau sehat silakan, kalau terdeteksi tidak sehat ya pulang," papar dia.

Haryanto mewanti-wanti warga yang hendak rekreasi untuk bersiap mengenai kebijakan ini.

"Kalau tidak siap dirapid test antigen bisa jadi membawa virus ke mana-mana," ucap dia. (TribunJateng.com)

#Haryanto


Komentar