Ribuan Anak Jadi Yatim-Piatu Akibat Covid, Wagub Taj Yasin Ajak Warga Jateng Jadi Ortu Asuh

(Foto: Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin saat menjadi pembina upacara HUT RI ke 76 di halaman kantor Gubernur Jateng Semarang, Selasa 17 Agus 2021)

Kabarpatigo.com - SEMARANG - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengajak warganya yang mampu menjadi orang tua asuh, bagi anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19.

Wakil Gubernur Taj Yasin sendiri telah mengangkat empat anak yang orang tuanya meninggal akibat penyakit tersebut.

Hal itu disampaikan, seusai Yasin menjadi pembina upacara HUT ke 76 Republik Indonesia, di halaman kantor gubernur, Selasa (17/8/21). Pada sambutannya, ia merinci ada sebanyak 5.400 anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19.

Yasin mengaku, kini merawat empat orang anak, yang ditinggal mati orang tuanya karena terserang Covid-19. Keempat anak itu kini berdomisili di Rembang, asal daerah Yasin.

"Aslinya mereka Demak sih. Karena ibunya meninggal dan orang tua belum mampu. Ada yang tingkat SD dua orang, SMP dan satu lagi kuliah. Mereka butuh biaya. Ya sudah bantu semampunya. Warga Jawa Tengah saya yakin orangnya kaya-kaya," sebutnya.

Yasin menyebut, tanggung jawab pengasuhan tidak melulu hanya diserahkan kepada pemerintah. Apalagi, di momen hari kemerdekaan, ia mengetuk kepedulian warga Jateng untuk dapat membantu.

"Tidak semuanya diserahkan kepada pemerintah. Kalau begitu, mana jiwa kepahlawanan dan jiwa cinta kepada negara? Kalau hal itu tidak bisa dilakukan," tuturnya.

Terkait partisipasi negara, Yasin menyebut Pemprov dan Kepolisian Daerah Jawa Tengah telah bergerak. Itu dilakukan dengan pemberian santunan, program ASN jadi orang tua asuh, bantuan APBD dan Baznas.

Yasin menyebut, bantuan yang bisa diberikan utamanya persoalan pendidikan.

"Pandemi belum selesai kita perlu waspada. Yuk selamatkan anak bangsa kita butuh orang pintar. Kalau mereka tak mampu sekolah bagaimana nasib bangsa kita?" pungkasnya. (red)

#TajYasinMaimoen

Komentar