Siapkan Resepsi Milad, 500.000 Warga Muhammadiyah Jateng Akan Ikuti Milad Muhammadiyah ke 109

(Foto: Ketua PWM Jawa Tengah Tafsir)

Kabarpatigi.com - SURAKARTA - Lima hari menjelang Milad Muhammadiyah ke 109, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah persiapkan resepsi Milad yang rencananya akan diselenggarakan pada, Sabtu (20/11/21).

Tahun ini, resepsi Milad akan bertempat di Edutorium KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang baru beberapa bulan lalu diresmikan.

Selaku tuan rumah Milad, Universitas Muhammadiyah Surakarta mempersiapkan sarana, prasarana, sampai teknis acara dengan baik.

Rencananya, Resepsi Milad Muhammadiyah ke 109 ini akan diikuti oleh 500.000 peserta, di mana 100.000 peserta melalui Zoom dan 400.000 lainnya akan mengikuti dari media lainnya, seperti Youtube, TVMu, dan Media Sosial milik Muhammadiyah lainnya.

“Persiapan milad sudah 85 persen. Latihan treatrikal terus dimatangkan dan target peserta 100.000 zoom dan 500.000 YouTube insyaallah dapat terpenuhi.” ungkap Bambang Sukoco, S.H., M.H. selaku Ketua Panitia Milad saat dihubungi redaksi melalui pesan WA.

Drs. Tafsir, M.Ag. selaku Ketua PWM Jawa Tengah juga menyampaikan bahwa Resepsi Milad Muhammadiyah ke 109 kali ini sekaligus menjadi penanda dimulainya kembali Gebyar Muktamar Muhammadiyah ke 48 di Surakarta, mengingat kemarin sempat dihentikan karena lonjakan kasus Covid-19.

Muktamar sendiri rencananya akan diselenggarakan di Surakarta pada tanggal 18-20 November 2022.

“Tujuannya untuk membangkitkan kembali semangat Songsong Muktamar. Maka kepada seluruh warga Muhammadiyah di seluruh tingkatan, harus mendukung dan berpartisipasi. Termasuk juga masyarakat umum di luar Muhammadiyah,” ungkap Pak Tafsir.

Senada dengan yang Ketua PWM Jawa Tengah sampaikan, Sekretaris Panitia Kegiatan, Iskak Sulistya ketika dihubungi menyampaikan bahwa kegiatan Resepsi Milad Muhammadiyah ini juga bertujuan untuk “pemanasan” panitia, dalam rangka menyongsong Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48 di Surakarta.

Menurut informasi yang redaksi dapatkan, Resepsi Milad Muhammadiyah ke 109 ini akan dihadiri oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si., Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP., Ketua PWM Jawa Tengah, Drs. KH. Tafsir, M.Ag., Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed. sekaligus akan mengisi sesi Refleksi Milad.

Di pertengahan Resepsi Milad, rencananya akan dilakukan Countdown Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Tengah, Rektor UMS, dan Ketua Panitia Muktamar.

Sesi ini akan dimeriahkan Marching Band yang membawakan Jingle Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48.

Bambang Sukoco, S.H., M.H., selaku ketua panitia juga menyampaikan bahwa milad kali ini terasa sangat berbeda, karena dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19.

Selain itu ia mengatakan bahwa banyak warga dan pimpinan Muhammadiyah yang syahid karena Covid-19 termasuk beberapa panitia Muktamar.

“Treatrikal dengan tema Berkhidmat Sampai Akhir Hayat adalah pagelaran seni yang ingin menggambarkan keteladanan warga Muhammadiyah yang gugur karena Covid-19; dengan mengambil uswah hasanah dari mereka dan bertekad untuk melanjutkan perjuangan yang luhur itu," tambahnya.

Ia juga berharap Milad ini mampu menjadi sarana perenungan bagi warga persyarikatan untuk terus mengukuhkan diri sebagai pencerah dan penebar nilai utama.

Adapun Resepsi Milad kali ini akan dihelat mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 20.30 WIB, dan akan dimeriahkan beberapa kesenian, di antaranya : Serambi Bagelan dan Pagelaran Treatrikal “Berkhidmat Sampai Akhir Hayat”. (pwmjateng.com)

#MiladMuhammadiyah109

Komentar