Anggota DPR RI Singgih Januratmoko Sosialisasikan Peran CSR BUMN Pulihkan Ekonomi Nasional

(Foto: anggota DPR RI Singgih Januratmoko saat sosialisasi peran penting BUMN di Klaten, Minggu 9 Jan 2022)

Kabarpatigo.com - KLATEN - Anggota DPR RI Singgih Januratmoko kembali menggelar sosialisasi peran penting BUMN. Namun kali ini yang disampaikan tentang spesifik manfaat dana Corporate Social Responbility (CSR) dari BUMN.

Dengan mengangkat tema “Peran Penting CSR BUMN di Masyarakat, sedikitnya ada 100 peserta dari beragam unsur mengikuti sosialisasi.

Acara berlangsung di Tjokro Hotel Klaten Jl. Pemuda Sel. No.42, Mlinjon, Tonggalan, Kec. Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Minggu (9/1/22).

Memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang program CSR BUMN serta manfaatnya,” kata Singgih, panggilan akrabnya yang mengupas edukasi manfaat CSR dari BUMN.

Singgih mangatakan manfaat CSR perlu diketahui detail oleh masyarakat. Perannya sangat strategis dalam pemulihan ekonomi akibat dampak pandemic. Satu hal yang telah dilakukan adalah Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN (Program TJSL).

Program ini merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan.

Mampu memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur. Serta dapat dipertanggungjawabkan karena merupakan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan.

Sasaran CSR TJSL ada tiga aspek yakni, pendidikan, lingkungan dan UMKM,” ungkapnya.

Namun saat ini fokusnya membantu UMKM untuk bertransformasi dan berkembang pada wiliayah digital marketing. Sisi tersebut merupakan hal strategis dalam menjalankan bisnis karena ruang pasar digital jauh lebih luas.

Langkah ini memiliki pengaruh besar guna mengembalikan kekuatan UMKM sebagai roda perekonomian.

Tentunya, lanjut Singgih, program ini bentuk semangat pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN). DPR sebagai mitra kerja pemerintah mendorong segala upaya termasuk mengintegrasikan dengan berbagai program CSR BUMN demi pulihnya ekonomi masyarakat.

Politisi Golkar yang duduk di Komisi VI DPR ini menambahkan selama ini kementerian BUMN belum puas atas capaian hasil dari program pemulihan ekonomi.

Maka salah satu prioritas Menteri BUMN, Erick Tohir mengajak seluruh pelaku UMKM untuk bertransformasi pada wilayah digital mengingat ruang tersebut adalah strategis.

Anggota DPR RI Dapil V Jateng ini lebih lanjut mengatakan melalui CSR BUMN diharapkan membantu UMKM untuk membangun jejaring bertemu ekosistem sehingga dapat bersinergi dengan badan pembiayaan atau financial.

Selain itu membangun semangat pelaku UMKM dan masyarakat agar tetap menjalankan usaha sebagai persiapan pemulihan ekonomi pasca pandemic.

Terakhir, melalui kegiatan sosialisasi dapat mengedukasi masyarakat begaimana manfaat dan peran strategis dari CSR BUMN.

Lebih dari itu langkah tersebut sebagai upaya menumbuhkan kembali kepercayaan para pelaku ekonomi dan bisnis, juga sebagai wujud keseriusan pemerintah untuk keluar dari krisis melalui percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. (red)

#SinggihJanuratmoko

Komentar