AMPI, Dito Ariotedjo dan Munas Bandung

(Foto: Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia)

Kabarpatigo.com - JAKARTA - Selama lima tahun periode kepemimpinan Dito Ariotedjo, dalam waktu dekat AMPI kembali akan menggelar Musyawarah Nasional yang ke IX pada tanggal 6-8 Maret 2022 di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dalam periode kepemimpinan Dito, AMPI sebagai salah satu organisasi pemuda yang tertua dan terbesar di Indonesia telah berhasil menunjukkan kiprahnya sebagai "laboratorium kaderisasi" dan wujud nyata perjuangan pemuda.

Hal ini dibuktikan dengan struktur kepengurusan AMPI yang bersumber dari beragam kalangan baik itu profesional, politisi, akademisi, seniman, budayawan, pengusaha dan sebagainya, serta dengan terpilihnya beberapa anggota keluarga AMPI yang diberikan kepercayaan oleh Presiden RI dalam Kabinet Indonesia Maju, serta 180 pengurus yang telah menjadi Anggota Legislatif Muda baik di DPR RI, DPD RI hingga DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Ini merupakan bukti dan hasil nyata bahwa perjalanan organisasi dan kaderisasi di rumah besar AMPI telah berhasil melebihi ekspektasi dan menjadikan AMPI lebih seksi di mata masyarakat, terutama generasi muda. 

Capaian politik dan sosial ini pun tidak didapat dengan mudah. Keluarga besar AMPI menyadari bahwa sebagai organisasi yang besar, tentu mempunyai tantangan yang juga besar.

Berbagai dinamika sosial politik yang terjadi di internal dan eksternal organisasi seperti perubahan sosial yang terjadi di demografi usia muda hingga kehadiran pandemi Covid-19 mengharuskan AMPI untuk lebih progresif dalam beradpatasi, memetakan, dan mengaplikasikan peran strategisnya di dalam ekosistem pergerakkan pemuda sebagai solusi kebangsaaan.

Maka itu, berbagai jenis terobosan dari mulai konsolidasi organisasi yang terstruktur dan responsif menyesuaikan dengan kebutuhan daerah, kaderisasi sistematis dengan karsinal yang merangkul konsep local talent, local culture dan local communities yang pun keanggotaannya terintegrasi ke dalam satu server terpadu yang terlayani dengan kemudahan Artificial Intelligence (AI).

Progresifitas AMPI hari ini pun tidak hanya dilihat di dalam ruang lingkup internal organisasi dan secara politik saja. Pada perspektif yang lebih luas, AMPI telah berkembang secara multisektoral dengan menjadi inisiator dalam berbagai pergerakkan nasional dan global dalam Millennials Nationalism, Muda Menata Indonesia hingga Youth Leadership Forum.

Inisiatif-inisiatif itulah yang pada saat itu membuat berbagai institusi pemerintah dan organisasi independen di luar AMPI menggandeng Ketua Umum AMPI Dito Ariotedjo sebagai menjadi Ketua Kontingen Indonesia pada Youth Olympic Games 2018 di Argentina dan Tokoh Politik Indonesia pada Forbes 30 under 30.

AMPI menjadi "tongkrongan" yang lebih menarik bagi pemuda untuk berhimpun dan berkarya dalam semangat pembaharuan.

AMPI menyadari, perjuangan hari ini belum sempurna. Meski berbagai kunjungan ke 31 DPD dan beberapa DPD Tingkat Kota/ Kabupaten dalam agenda konsolidasi dan kaderisasi sudah dilakukan, meski kerjasama politik horizontal dengan berbagai institusi strategis pemerintah serta organisasi sayap pemuda Partai Politik sudah diterapkan selama ini, kami sadar bahwa semua itu tentu akan harus ditingkatkan lagi di masa depan.

Kami memahami ada beberapa kendala dari beberapa sisi dikarenakan hal adanya pengurus yang berpulang serta dinamika di daerah tertentu, tetapi itu justru tidak menyurutkan kami untuk selalu responsif dalam mengambil langkah percepatan dan inovasi lainnya.

Memandang kepada bukti-bukti nyata pembaharuan AMPI terdahulu serta dinamika politik yang akan terjadi dalam dua tahun berikutnya, maka selain membutuhkan karakter pemimpin yang telah mengerti tatanan, konstelasi dan situasi hari ini, AMPI mempunyai tanggung jawab dan call of duty untuk terus melanjutkan dan memperkuat persiapannya dalam memperjuangkan generasi muda bersama Partai Golkar dan Bapak Airlangga Hartarto pada pesta demokrasi terbesar di tahun 2024. 

Kami memahami, bahwa perjuangan ini belum selesai. Juga dengan mendengar dan menyerap aspirasi para sahabat DPD AMPI Provinsi yang menyatakan pandangannya RAPIMNAS II AMPI 2021 yang meminta Ketua Umum DPP AMPI Dito Ariotedjo untuk memimpin kembali, maka, kami percaya pembaharuan ini harus dan akan terus kami lanjutkan demi kejayaan AMPI! (kz)

#DPPAMPI

Komentar