Anggota DPRD Pati Nur Sukarno Yakin Adanya Tol Demak-Tuban Dapat Tingkatkan Perekonomian Daerah

(Foto: Anggota DPRD Kab Pati dari fraksi Golkar Moh. Nur Sukarno)

Kabarpatigo.com - PATI - Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Nur Sukarno mengapresiasi rencana pembangunan jalan tol Demak-Tuban yang akan melewati Kabupaten Pati.

Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut menyebut, proyek infrastruktur nasional tersebut mampu memicu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pati.

Dalam hal ini meningkatkan investasi untuk masuk di wilayah Pati, sehingga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari bagi hasil.

Hadirnya jalan tol juga diharapkan dapat mengurai kemacetan di Jawa Tengah, sehingga jalur distribusi perdagangan di daerah menjadi lancar. di sisi lain, kerusakan jalan raya juga dapat diminimalisir.

“Pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Jalan Tol termasuk salah satu faktor penentu pertumbuhan ekonomi,” ungkap Nur Sukarno saat dimintai pendapat.

Anggota Dewan Pati yang membidangi sektor ekonomi tersebut juga berharap, dengan dialihfungsikannya lahan pertanian di Pati untuk mengcover pembangunan jalan tol, nantinya tidak memengaruhi hasil produksi pangan petani lokal.

“pembangunan jalan Tol ruas Demak-Tuban yang melintasi 39 desa dan 9 Kecamatan diharapkan memperlancar akses faktor produksi, baik hasil pertanian maupun kebutuhan masyarakat,” katanya.

Diwawancarai secara terpisah, Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pati, Dyah Susilowati mengungkapkan, saat ini proyek Jalan Tol Demak-Tuban masih dalam tahap sosialisasi lingkungan

Sementara untuk teknis pembangunan jalan masih masih belum dilakukan, termasuk Forum Grup Discussions (FGD) ke calon desa yang dilalui tol. Adapun sebanyak 39 desa yang dilalui jalan tol Demak-Tuban, tersebar di sembilan kecamatan se-Kabupaten Pati.

Kesembilan kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Batangan, Kecamatan Gabus, Kecamatan Jaken, Kecamatan Jakenan, Kecamatan Kayen, Kecamatan Pati Kota, Kecamatan Pucakwangi, Kecamatan Sukolilo dan Kecamatan Winong. (mitrapost).

#NurSukarno

Komentar