Kasus Covid-19 Mulai Meningkat, Bupati Ingatkan Pentingnya Koordinasi Puskesmas, Forkopimcam, dan Kades

(Foto: Bupati Pati Haryanto saat pimpin rapat koordinasi di ruang Pragola Setda Kabupaten Pati, Senin 14 Feb 2022)

Kabarpatigo.com - PATI - Bertempat di Ruang Pragolo Setda Pati, Bupati Pati Haryanto mengumpulkan semua kepala Puskesmas se-Kabupaten Pati terkait langkah percepatan vaksinasi dan penanganan kasus Covid-19 yang mulai meningkat, Senin (14/2/22).

Dalam kegiatan yang juga dihadiri Sekretaris Daerah Jumani serta jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati itu, Haryanto mengakui bahwa maksud dan tujuannya mengumpulkan para kepala Puskesmas adalah juga untuk mengingatkan agar koordinasi dengan Forkopimcam dan kepala desa selalu berjalan dengan lancar.

Ia menegaskan, apabila semakin banyak kasus Covid-19 muncul, maka semakin banyak pula sasaran yang perlu dilakukan tracing. Maka, imbuh Bupati, jumlah kasus Covid-19 pun otomatis akan semakin meningkat.

"Karena leading sektor di tingkat bawah adalah Puskesmas. Sampai saat ini, tanggal 14 Februari, warga terkonfirmasi positif sebanyak 152 dan sudah sembuh 9 orang. Sedangkan yang 327 warga menjalani isolasi mandiri maupun terpusat di RSUD Soewondo," ungkapnya saat memimpin rapat.

Bupati menyebut, apabila warga yang menjalani isolasi terpusat telah terhitung 10 hari dan tanpa gejala, maka diperbolehkan pulang.

"Guna mengantisipasi menyebarnya kasus Covid -19 di masyarakat, Puskesmas berkoordinasi dengan pihak desa agar mengaktifkan kembali jogo tonggo," imbaunya.

Bupati Haryanto tak memungkiri bahwa peningkatan kembali kasus Covid-19 di luar perkiraan semua pihak. Terlebih, pemerintah daerah sejauh ini telah berupaya menekan kasus Covid-19 melalui percepatan vaksinasi. (red)

#Haryanto

Komentar