Muhammadiyah Diakui Amerika Serikat Sebagai Organisasi Nonprofit, Ini Keuntungan Bagi Indonesia

(Foto: Bendera Muhammadiyah dan Amerika Serikat)

Kabarpatigo.com - JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat (AS) resmi mengaku Muhammadiyah sebagai organisasi nonprofit. Hal tersebut memberikan sejumlah keuntungan tersendiri bagi Indonesia.

Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) AS, Arief Iswanto mengungkapkan pengakuan tersebut didapatkan setelah pihaknya mengajukan diri dengan nama Muhammadiyah USA Incorporated. Kemudian mereka mengajukan lisensi lagi sebagai organisasi nonprofit dengan beberapa lini bisnis.

“Jadi Muhammadiyah USA Inc itu adalah organisasi yang bersifat religius, charitable (sosial), cultural (budaya), educations (pendidikan), dan nonprofit organization. Dan untuk membershipnya disini terbuka, kepada siapa saja yang mendukung program-program Muhammadiyah,” ujar Arief dikutip dari laman resmi Muhammadiyah pada Rabu (2/2/22).

Setelah diakui sebagai organisasi resmi, PCIM AS dapat beberapa keuntungan misalnya bisa menjalin kerja sama secara resmi dengan pihak luar. Seperti melakukan penggalangan donasi untuk disalurkan kepada korban bencana bagi negara luar termasuk Indonesia.

Nantinya dana yang sudah terkumpul tersebut tidak terbebani pajak. 

“Jadi ketika kita resmi, dan melakukan pengumpulan uang itu menjadi tidak bermasalah. Dan itu harus punya organisasi resmi. Dan ketika uang terkumpul kita tidak terkena wajib pajak,” ucapnya.

Selain itu, dalam pengajuan izin resmi ke Pemerintah AS, PCIM AS mengajukan beberapa program yang akan dijalankan meliputi penyediaan informasi pendidikan untuk publik seputar Islam dan Muslim di AS. Serta PCIM AS juga memiliki grup diskusi atau pengajian.

Pengajian rutin tersebut dilangsungkan secara daring, bisa diikuti melalui siaran zoom meeting maupuan YouTube Channel milik PCIM AS “Muhammadiyah Amerika Serikat”.

Pengajian yang dimiliki oleh PCIM AS tersebut tidak hanya seputar keislaman, tapi juga mengkaji tentang lifestyle seperti membahas tentang hobi, profesi, dan lain-lain.

Peserta tidak hanya mengikuti atau mendengar materi-materi yang disampaikan dalam pengajian, akan tetapi mereka juga akan diberikan tes untuk mengetahui tingkat efektifitas pengajian yang dilakukan.

“Jadi kita bikin juga sistem tesnya, sistem tesnya online. Jadi setiap peserta akan mengerjakan tesnya secara on line, nanti akan log in dan menjalankan tes mandiri. Di akhir tes itu akan keluar hasilnya lulus atau tidak, kalau tidak kemudian mengulang lagi,” tutur Arief. (iNews.id)

#Muhammadiyah

Komentar