Ketua Muhammadiyah Pati: Warga Muhammadiyah untuk Mengedepankan Sikap Saling Menghormati dan Berlapang Dada

(Foto: Ketua PDM Pati H. Moh Asnawi)

Kabarpatigo.com - PATI - Menyikapi perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H yang jatuh pada hari Jumat 21 April 2023. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pati memberikan beberapa pesan kepada warga Muhammadiyah atas perbedaan tersebut.

Menurut ketua PDM Pati Moh. Asnawi, Muhammadiyah Pati dalam menetapkan dan melaksanakan shalat Ied sesuai dengan penetapan dan keputusan yang diinstruksikan oleh PP Muhammadiyah kepada seluruh wilayah dan daerah.

"Pelaksanaan sholat Ied, Jum'at 21 April merupakan putusan Tarjih PP Muhammadiyah yang harus dipatuhi dan dijalankan," tegas Moh. Asnawi.

Baca Juga: Sekjen PP Muhammadiyah: Pemkot Pekalongan dan Sukabumi Beri Izin Fasum untuk Shalat Id

Dengan adanya perbedaan ini, Moh Asnawi mengingatkan dan berharap kepada seluruh warga Muhammadiyah Pati untuk menjaga dan mengedepankan sikap saling toleransi dan berlapang dada, menurutnya berbeda itu tidak harus disamakan.

"Berharap kepada warga Muhammadiyah untuk mengedepankan sikap saling menghormati dan berlapang dada. Dan harus disadari bahwa hal yang berbeda tidaklah harus disamakan," imbuhnya.

Selain itu dalam merayakannya pun Asnawi juga berpesan kepada warga Muhammadiyah dalam merayakan dan beraktivitas sebagaimana tradisi masyarakat, yakni saling mengunjungi setelah pelaksanaan shalat Ied tetap menghormati kepada yang masih menjalankan ibadah puasa.

"Adapun tradisi saling mengunjungi di bulan Syawwal, tetap dalam koridor untuk menghormati bagi yang masih menjalankan puasanya. Kalaupun mereka yang dikunjungi masih berpuasa, alangkah lebih baik diundur waktunya saat mereka juga sudah berlebaran," pungkas Asanawi. (aa)

Komentar