Menghasilkan Generasi Hafid Qur'an, SMP Muhammadiyah 6 Kradenan Buka Daurah Tahfidz Al Qur'an

(Foto: SMP Muhammadiyah 6 Kradenan Blora buka Daurah Tahfidz Al Qur'an Minggu 2 Apr 2023)

Kabarpatigo.com - BLORA - SMP Muhammadiyah 6 Kradenan Kabupaten Blora membuka sebuah program Daurah Tahfidz Al-Qur’an di Masjid Alikhlas Desa Sumber Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora.

Program ini merupakan program pendidikan yang diselenggarakan oleh SMP Muhammadiyah 6 Kradenan dengan maksud untuk menghasilkan generasi penghafal Al-Qur’an.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 31Maret-2 April 2023 dengan sasaran peserta siswa-siswi kelas VIII dan IX SMP Muhammadiyah 6 Kradenan.

Baca Juga: Ketua PP Muhammadiyah, Agung Danarta Serukan Penyebarluasan Risalah Islam Berkemajuan

"Program Daurah Tahfidz Al-Qur’an (PDTA) ini merupakan yang pertama kali diadakan SMP Muhammadiyah 6 Kradenan Blora. Sehingga hasil dari program ini akan dijadikan percontohan untuk program kedepannya," ungkap Mashudi.

Sehari sebelum kegiatan dimulai, lanjutnya, para peserta diberikan pembekalan mengenai program yang akan dilaksanakan dan hal-hal yang terkait dengan program tersebut.

Selain itu, mereka juga diberikan wawasan tentang kiat-kiat dan metode dalam menghafal Al-Qur’an, sehingga hal tersebut diharapkan bisa mempermudah mereka dalam proses menghafal,” ungkap Syamsul Anam Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 6 Kradenan.

Program ini dilaksanakan selama tiga hari dengan materi meliputi tilawah Qur'an, muroja'ah, diskusi, taklim dan nobar film Islami.

Penutupan Acara Daurah Tahfidz Al-Qur’an diisi “Tasmi’ Al-Qur’an“  dengan membacakan Surat Albalad  Juz 30  oleh para peserta Daurah, Jum’at (2/4/23).

Acara tersebut dihadiri lingkup persyarikatan PC Muhammadiyah Kradenan, Dewan Guru dan Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 6 Kradenan serta jamaah pengajian Ahad pagi PCM Kradenan Blora.

Samsul Anam berharap para peserta Daurah untuk tetap bersemangat menggali, membaca, memahami Al-Qur’an hingga mengamalkannya. 

Selain itu Samsul Anam juga menyampaikan betapa pentingnya berpegang teguh kepada dua hal, yaitu Al-Qur’an dan As-sunah, karena dengan berpegang teguh kepada dua hal tersebut, maka kita tidak akan tersesat.

Ketua PC Muhammadiyah Kradenan Juremi berharap para peserta Daurah Tahfidz untuk selalu meningkatkan prestasi belajar serta bisa berkolaborasi dengan aum yang lain sehingga kegiatannya bisa berjalan dengan semarak. (red)

Komentar