Ketua PP Muhammadiyah, Agung Danarta Serukan Penyebarluasan Risalah Islam Berkemajuan

(Foto: Pengkajian Ramadhan di UHAMKA, Jakarta Minggu 2 Apr 2023)

Kabarpatigo.com - JAKARTA - Ketua PP Muhammadiyah Dr. Agung Danarto menyebut bahwa agenda Muhammadiyah ke depan adalah penguatan Risalah Islam Berkemajuan.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan untuk menutup Pengkajian Ramadan di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA, Minggu (2/04/23).

Peserta pengkajian yang merupakan warga persyarikatan dari berbagai elemen Muhammadiyah dan Aisyiyah diserukan untuk menyebarluaskan konsep Islam berkemajuan.

Baca Juga: PCM Pati Kota Menerima Kunjungan Safari Ramadhan PDM di Mushalla SMP Muhammadiyah 1 Pati

Menyebarluaskan konsep ini melalui berbagai forum internal yaitu di pengajian, pelatihan, dan lain-lain. Mudah-mudahan Muhammadiyah dapat terus melakukan pengajian-pengajian, karena sudah jadi identitas Muhammadiyah. Di pengajian itu kita bisa transfer pengetahuan, semangat dan motivasi,” ungkap Agung.

Pembahasan yang menjadi topik diskusi dalam Pengkajian Ramadan selama tiga hari menjadi bahan yang sangat berharga bagi para peserta untuk menyebarluaskan Islam berkemajuan di daerah masing-masing sebagaimana yang disampaikan Agung.

Baca Juga: Islam yang Kaffah, Meneladani Rasulullah

Agung juga menyampaikan bahwa tugas berikutnya adalah melakukan Pengkajian Ramadan secara struktural mulai dari tingkat pusat, wilayah, daerah, cabang, hingga ranting.

Baca Juga: Menghasilkan Generasi Hafid Qur'an, SMP Muhammadiyah 6 Kradenan Buka Daurah Tahfidz Al Qur'an

Hal tersebut bertujuan agar gagasan yang telah dibahas di Pengkajian Ramadan tingkat Pusat dapat dibawa ke daerah masing-masing untuk kemudian diaplikasikan sesuai dengan narasi yang diucapkan.

Hal tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Rektor UHAMKA Prof. Gunawan Suryoputro, M.Hum., bahwa hasil pengkajian dapat dibawa ke daerah masing-masing.

Gunawan juga mewakili pihak UHAMKA menyampaikan rasa terima kasih pada para peserta yang sangat kooperatif selama pengkajian berlangsung.

Sementara itu Wakil Ketua Majelis Pemberdayaan Kader dan Sumber Daya Insani Dr. Faiz Rafdhi, M.Kom., menyampaikan bahwa peneguhan ideologi sangat penting dilaksanakan.

Dalam hal ini MPKSDI harus berperan dan bertanggung jawab melaksanakan melalui pengajian-pengajian yang konstruktif.

Melalui pengkajian tersebut, sederet nama ulama dan akademisi dihadirkan untuk memberikan pemahaman dan penguatan ideologi pada para peserta terkait Risalah Islam Berkemajuan yang sesuai dengan tema yaitu Aktualisasi dalam Persyarikatan, Umat, dan Bangsa.

Pengkajian yang diikuti oleh sekitar 300 orang ini kemudian ditutup secara resmi oleh Ketua PP Muhammadiyah Dr. Agung Danarto.

Pengkajian Ramadan yang digelar sejak Jumat (31/3/23) terlaksana atas kerja sama PP Muhammadiyah dan UHAMKA sebagai tuan rumah. (red)

Komentar