Program Bapak Asuh Anak Stunting Upaya Pemkab Pati Tuurunkan Stunting Tahum 2023

(Foto: Tim Penggerak PKK Pati rapat percepatan penurunan stunting di aula Bappeda Pati Selasa 4 Apr 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Bertempat di Aula Bappeda dilaksanakan kegiatan rapat percepatan penurunan stunting yang dipandu langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pati, Ibu Faiza Henggar, Selasa (4/4/23).

Turut hadir pula Mochtar selaku Kepala Bappeda Kabupaten Pati dan Indriyanto selaku Kepala Dinas Sosial P3AKB Kabupaten Pati.

Dalam sambutannya Mochtar menjelaskan bahwa Pemerintah harus terus mengupayakan langkah strategis dalam penurunan angka stunting dan pengentasan kemiskinan yang merupakan program tematik dan program strategis Reformasi Birokrasi Nasional.

Baca Juga: Pemkab Pati Siapkan Mudik Gratis dengan Jemput Warganya di Jakarta Pulang Kampung

Hal ini yang terus diupayakan Pemkab Pati yang aktualisasinya salah satunya pertama melalui terbitnya Surat Edaran program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) yang kemudian dalam waktu dekat akan dituangkan dalam SK oleh Pj Bupati Pati.

Kedua dalam waktu dekat Bappeda bersama Tim TPPS akan membuat terobosan aplikasi berbasis data dalam percepatan penurunan stunting dengan nama Basuh Stupa.

Baca Juga: Serentak, Polresta Pati Bagikan Ratusan Paket Sembako dalam Rangka Peduli Dhuafa

Dengan hadirnya aplikasi ini diharapkan dapat terdeteksi sejak dini terhadap balita stunting sehingga dapat terpantau perkembangannya.

Faiza Henggar menambahkan bahwa dalam waktu dekat penilaian yang selalu rutin dilakukan dan dengan hadirnya inovasi pembuatan aplikasi berbasis data dalam rangka penurunan stunting diharapkan Pemkab Pati dapat menuju prevalensi stunting yang rendah /zero stunting.

Keterlibatan PKK dalam mengintervensi balita stunting di Kabupaten Pati serta program satu OPD satu Kecamatan dampingan yang nantinya juga akan menjadi program pemerintah Kabupaten, selain  turut membantu dalam tracing dan treatment kepada desa miskin dalam wilayah kecamatan tersebut, juga akan dapat menanggulangi kemiskinan ekstrim dan menurunkan angka stunting," pesan Faiza. (red)

Komentar