Evaluasi Smart City Kabupaten Pati Tahap 1 Tahun 2023 dari Kemenkominfo RI

Foto: suasana evaluasi di ruang smart city Kabupaten Pati, Selasa 13 Jun 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Evaluasi Smart City Kabupaten Pati tahap 1 tahun 2023 dilaksanakan di Shangri-La Hotel Surabaya oleh Kemenkominfo RI pada Selasa (13/6/23).

Evaluasi ini dilakukan oleh Evaluator dari kemenkominfo dan evaluator eksternal praktisi smart city.

Evaluasi implementasi smart city Kabupaten Pati dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pati, Drs. Jumani, M.Si dan disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pati, Ratri Wijayanto, S.STP, M.Si secara luring dan diikuti oleh OPD terkait pengampu data secara daring di ruang Pati Command Center (PCC) Sekretariat Daerah Kabupaten Pati.  

Sekretaris Daerah Kabupaten Pati menyampaikan dukungan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Pati dalam implementasi pembangunan smart city.

Baca Juga: Separuh Anggota Dewan Mangkir Rapat Paripurna, Ketua DPRD Pati Marah Besar

Presentasi yang disampaikan terkait dengan perencanaan program kegiatan dengan data road map smart city Kabupaten Pati; pendukung implementasi pembangunan smart city yang terbagi menjadi 3 yaitu infrastruktur fisik (Mall Pelayanan Publik, aplikasi SIJAKAPATI (Monitoring Jalan, Jembatan Kabupaten Pati), infrastruktur TIK (Layanan Data Center dan Jaringan Intra Pemerintah), infrastruktur Sosial (Data layanan kesehatan dan pendidikan); layanan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) dengan menggunakan aplikasi SIM UKPBJ (Dimensi Smart Governance); Potensi Agrowisata Jollong (Dimensi Smart Branding); layanan pajak daerah dengan menggunakan aplikasi pajakego (Smart Economy);  layanan implementasi Uji Kendaraan Bermotor dengan menggunakan aplikasi E-KIR Kabupaten Pati (Smart Living); layanan bantuan santunan kematian dengan menggunakan aplikasi Pati Santun (Smart Society); implementasi pengelolaan Bank Sampah (Smart Environment).

Program smart city Kabupaten Pati ini diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak dan mengurangi kemiskinan serta tidak hanya untuk masyarakat yang mampu dalam menggunakan teknologi.

Evaluator smart city berpesan bahwa potensi unggulan yang dimiliki Kabupaten Pati harus terus dikembangkan sebagai implementasi pembangunan smart city. (red)


Komentar