Pengukuhan PDM dan PDA Jepara, Prof Dr. Zakiyuddin Baidlowi Berikan Tausyiah

(Foto: Prosesi Pengukuhan PDM Jepara di Pendopo Kabupaten Jepara, Selasa 13 Jun 2023)

Kabarpatigo.com - JEPARA - Pengukuhan personalia Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah AisyiyahJepara periode 2022-2027 digelar di Pendopo Kabupaten Jepara pada Selasa (13/6/23).

Upacara pengukuhan dilaksanakan dalam format pengajian umum dengan pembicara Prof. Dr.Zakiyuddin Baedlowi, M.Ag.

Ketua PDM Jepara KH. Fachrurrozi dalam pidato iftitahnya menyebutkan kiprah Muhammadiyah membantu tugas negara dan pemerintah pada semua bidang, bekerjasama dengan bupati dan segala lini pemerintahan dalam rangka melaksanakan amanat jamaah/masyarakat.

"Insyaallah jika kerjasama ini terjalin secara baik PDM Jepara maupun Pemda Jepara maka Jepara akan lebih maju," ungkap KH Fachrurrozi.

Senada dangan hal tersebut Pj Bupati Jepara juga Edy Supriyanta, ATD, S.H., M.M juga menyambut baik dan Pemda Jepara siap berkolaborasi.

Menurut Pj Bupati Jepara PDM dan AisyiyahJepara bersama Pemerintah Daerah Jepara bersama-sama membangun Jepara, khususnya
memaksimalkan peran-peran dalam kasus yang cukup penting di Jepara yaitu dalam di penanganan stunting.

Prof Dr Zaikiyuddin Baidlowy, M.Ag yang hadir sebagai pembicara memberikan nasehat dakwah berkemajuan. Dalam tausiahnya, Ia menekankan pentingnya spirit berkemajuan.

Baca Juga : Hari Raya Idul Adha 2023 Diprediksi Berbeda, Ini Penjelasan Muhammadiyah dan Pemerintah

Spirit berkemajuan harus diwujudkan secara berjamaah. Kebaikan itu dikerjakan bersama-sama, tidak bisa parsial. Sebaliknya sesuatu yang kecil bila diorganisir dengan sebaik-baiknya, dilaksanakan secara sistematis maka bisa mengalahkan kelompok yang besar yang tidak diorganisir.

Oleh karena itu, Seperti halnya harga/value kebajikan, jika kebaikan tidak diorganisir, maka akan mudah dikalahkan kejahatan yang teroganisir.

Prof Dr Zaikiyuddin Baidlowy, M.Ag. yang juga berprofesi sebagai Rektor UIN Salatiga menukil ayat Al Qur’an  QS Ali imron 104 yang artinya, “Perintah agar orang beriman; pandai-pandailah mengorganisir diri’.

Titik dari ayat tersebut memerintahkan kepada kita agar dapat berjalan dengan ummat secara berjamaah. Karena itu, sinergi dan berkolaborasi wajib kita laksanakan selama menjalankan dakwah Muhammadiyah.

Ia juga menambahkan, kewajiban warga Muhammadiyah ialah menanamkan karakter kepada umat Islam Indonesia. Bagaimana menjadi umat yang pandai bersedekah dan berwakaf.

Baca Juga: Pengukuhan PDA Periode 2022-2027, Aisyiyah Kabupaten Pati Akan Tetap Menciptakan "Sakinah Mawadah Warahmah" di Pati

Dalam titik ini, kita sebagai pengurus seyogyanya mewakafkan diri untuk Muhammadiyah.

Tiga 3 hal penting kekuatan kita saat ini adalah, Fidding (panti sosial), healing (Rumah Sakit/Balai Pengobatan), mitigasi bencana (MDMC/LPCR), dan Schooling (sekolah)

Sebagai penutup Prof Dr Zaikiyuddin Baidlowy, Mag (PWM Jateng) memberikan panduandalam beramal. Teori amal salih atau teori tindakan dalam ilmu sosiologi ialah amal salih itu amal yang umurnya bisa panjang/jariah.

Syaratnya beramal salih agar tidak sia-sia ialah :
(1) mulai dengan ilmu pengetahuan, (2) Mulai dengan niat yang lurus, (3)Sabar (upaya yang dilakukan secara sistematis), dan
(4) Ikhlas.

Turut hadir dalam, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah-Aisyiyah Jawa Tengah, Pj Bupati, Sekda Pemda Jepara, Kepala Dinas Pendidikan Jepara, PC NU, Muslimat NU, PCM se Jepara, Pimpinan Ortom dan AUM, Kepala KUA Jepara, Pengadilan Negeri Jepara, dan MUI Jepara. (aris)

Komentar