Pengukuhan PDM dan PDA Pati Bakal Hadirkan Kiai Saad Ibrahim PP Muhammadiyah, Ini Profil Kiai Saad Ibrahim!

(Foto: Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati periode 2022-2027)

Kabarpatigo.com - PATI - Kiai Saad Ibrahim anggota PP Muhammadiyah periode 2022-2027 dijadwalkan hadir dan memberikan tausiyah dalam acara pengukuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Pati periode 2022-2027 pada Sabtu 10 Juni 2023 yang akan datang.

Menurut rencana, acara pengukuhan akan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Pati dan akan dihadiri Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se Kabupaten Pati dan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di lingkungan Muhammadiyah Pati, serta warga dan simpatisan Muhammadiyah di wilayah Pati.

Selain itu, Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, pejabat Forkopimda, dan berbagai kalangan Pimpinan Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam juga diundang dalam acara tersebut.

“Pengukuhan PDM dan PDA Kabupaten Pati dilakukan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah dan Tausiyah disampaikan oleh Kiai Saad Ibrahim anggota PP Muhammadiyah,” jelas Abdul Wahid saat pimpin rapat persiapan pengukuhan di aula PDM Pati, Kamis (8/6/23).

Agenda pengukuhan akan ada beberapa rangkaian acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sang Surya, dan Mars Aisyiyah.

Baca Juga: Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir Tandatangani Prasasti Gedung Crystal Building UMKU

Acara dilanjutkan dengan prosesi pengukuhan PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) dan PDA (Pimpinan Daerah Aisyiyah) Kabupaten Pati periode Muktamar ke-48 (2022-2027).

Pidato Iftitah disampaikan ketua PDM Pati periode Muktamar 48, Moh. Luqman. Agenda berikutnya sambutan Pj Bupati Pati dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah. Dan terakhir Tausiyah disampaikan oleh Dr. H.M. Saad Ibrahim, MA, Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Semoga acara pengukuhan besok berjalan lancar dan sukses serta,” harapnya.

Perlu diketahui, pada Muktamar ke 48 di Surakarta Dr. H.M. Saad Ibrahim, MA masuk dalam 13 anggota PP Muhammadiyah berdasarkan hasil e-voting. Saad menempati posisi ke-9 dengan perolehan suara sebanyak 1.333.

KH. Saad Ibrahim merupakan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim periode 2015-2022 yang terpilih pada Musyawarah Wilayah ke-15 PWM Jatim pada bulan November 2015.

Menggantikan Thohir Luth, fokus Saad dalam menahkodai PWM Jatim berfokus pada ikhtiar menjadikan Muhammadiyah sebagai sebuah gerakan amal, terutama dalam bidang jihad ekonomi.

Di tengah masyarakat, legitimasi tokoh asal Kota Malang yang lahir di Mojokerto, 17 November 1954 ini juga dikenal sebagai seorang Kiai.

Selain memiliki hubungan yang baik dengan berbagai organisasi Islam di luar Muhammadiyah, Saad dikenal memiliki penguasaan yang baik terhadap kitab kuning, terutama pada tema-tema sirah (biografi), tarikh (sejarah), dan hadharah (peradaban).

Saat ini, Saad Ibrahim aktif sebagai seorang pendidik di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Di luar Muhammadiyah, dirinya menjabat sebagai Wakil Dewan Pembina Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur 2020-sekarang. (aa)

Komentar