Firman Soebagyo Serahkan Bantuan Mesin Tempel dan Jaring Penangkap Ikan Kepada Nelayan KUB di Dukuhseti

(Foto: Anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo saat menyerahkan bantuan kelengkapan alat tangkap kepada nelayan di Desa Puncel Dukuhseti, Minggu 13 Agu 2023)

Kabarpatigo.com - DUKUHSETI - Nelayan kurang mampu yang tergabung di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tresna Jaladri Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah menerima bantuan alat tangkap.

Alat tangkap tersebut berupa satu paket mesin tempel, serta jaring penangkap ikan.  

Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tresna Jaladri Suparno mengatakan, bantuan kelengkapan alat tangkap ikan itu, menjadi pemicu semangat nelayan-nelayan kurang mampu di pesisir. 

“Jadi ini ada sesuatu yang luar biasa bagi kami, karena mendapatkan suport. Jadi untuk peningkatan pengembangan kinerja dan hasil tangkap kami. Luar biasa perhatian beliau-beliau itu, memberikan motivasi kepada kami, bahwa nelayan bukan pekerjaan yang rendahan,” ujarnya di sela-sela kesibukannya memperbaiki perahunya, RRI, Minggu (13/8/23) pagi.

Suparno menjelaskan, rincian bantuan yang diterimanya itu 11 unit mesin tempel, 6 buah pangkon mesih, 9 buah besi as, 8 buah pipa gandar, serta 10 paket jaring.

Baca Juga: Deklarasi Dukung Prabowo, Ahmad Doli: Golkar Konsisten Upayakan Ketum Airlangga Cawapres Prabowo

Anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo berharap, mesin-mesin bantuan aspirasinya bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, dapat dimanfaatkan untuk mendukung nelayan.

Sehingga nelayan-nelayan kurang mampu yang tergabung di kelompok usaha bersama KUB dapat meningkatkan nilai tambah perekonomiannya.

Ini merupakan stimulus komitmen kami antara Komisi IV DPR RI dan KKP RI. Saya senantiasa memikirkan apa yang menjadi kebutuhan nelayan maupun petani termasuk aspek lingkungan kehutanannya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Firman Soebagyo menegaskan, dalam pemberian bantuan tidak ada pungutan sepeserpun.

Bantuan-bantuan yang dari pemerintah melalui aspirasi anggota DPR RI, hanya untuk meningkatkan kemampuan dan daya dukung nelayan tidak mampu agar lebih sejahtera.

Saat menyerahkan bantuan aspirasi kelengkapan alat tangkap ikan itu, anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo didampingi Direktur Pemberdayaan dan Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Pengelolaan Ruang Laut KKP, serta Kabid Perikanan Tangkap Dislautkan Pati Sujarta. (elshinta.com)

Komentar