Ikuti Asian Music Games 2023 di Jember, Marching Band Es- Silahy Trangkil Pati Sabet 4 Medali

(Foto: Kontingen Pati dalam Asian Music Games 2023 di Jember Jatim)

Kabarpatigo.com - JEMBER - Di penghujung bulan September 2023 ini, satu kabar gembira datang untuk Kabupaten Pati. Marching Band Es- Silahy (MA Silahul Ulum, Trangkil) berhasil menyabet 4 medali dalam ajang Asian Music Games 2023 yang digelar 22-24 September 2023 di Jember, Senin (25/9/23).

Adapun medali yang diraih diantaranya 1 emas untuk kategori Street Parade (juara 1), 1 perak kategori Musical Full Band Senior Concert (juara 2), 1 perak kategori Manuvering Show Band Full Band Senior Concert (juara 2), dan 1 medali perak sebagai juara umum kedua di kategori Full Band Senior Concert (Second Grand Champion).

Predikat ini menyusul kemenangan yang sebelumnya telah diraih sebagai juara 3 dalam kejuaraan Piala Menpora yang diadakan oleh IPMAFA Marching Competition (IMC) 2023  beberapa waktu lalu. Tentu saja ini menjadi hal yang membanggakan bagi Kota Pati.

Marching Band Es- Silahy terbentuk pada 17 Juni 2023 beranggotakan 70 siswa MA Silahul Ulum dengan Salamun (Kepala MA Silahul Ulum) sebagai Manajer dan pelatih As'adi, Hasin Toriqi serta Edy Iskandar.

Dalam ajang Asian Music Games 2023 ini MB Es-Silahy membawa 80 personil dengan Abdurrahim sebagai Field Commander.

Saat tampil di Asian Music Games 2023 dalam kategori Street Parade (Sabtu malam, 23 September 2023) di kompleks Alun-Alun Jember, MB Es-Silahy berkolaborasi dengan tim Seni Barongan Si Macan Loreng (SB Si Macan Loreng, Gabus-Pati), sehingga tampil unik karena menjadi satu-satunya tim yang mengusung kesenian tradisional asli daerah.

Dengan total 93 personil, kolaborasi MB Es-Silahy dan SB Si Macan Loreng berhasil memukau seluruh penonton dan terutama para juri. 

Dalam kolaborasi kali ini, SB Si Macan Loreng Gabus dimana Widi Widada sebagai pembina team mampu mengantar MB Es-Silahy menjadi juara 1 kategori International Culture Street Parade Asian Music Games 2023 dengan mengusung tema The Beautiful of Pati.

Selaras dengan pesan Pj. Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, ST, MT, saat melepas keberangkatan tim ini di pendopo Kabupaten Pati "Tidak perlu kata-kata. Yang penting bukti nyata", MB Es-Silahy dan SB Si Macan Loreng menjadi satu-satunya perwakilan dari Pati yang membawa hasil sangat memuaskan. 

Salamun, Manajer Es-Silahy tak lupa mengucapkan banyak terima kasih pada para seniman Pati, khususnya para seniman dari tim Seni Barongan Si Macan Loreng binaan Widi Widada. Karena berkat kerja sama para seniman inilah timnya mampu membawa dan mengharumkan nama Kabupaten Pati dalam kompetisi tingkat internasional di Jember.

Hal tersebut sejalan dengan yang selalu diajarkannya kepada anak didiknya dalam MB Es-Silahy. Bahwa Marching Band itu bukan semata tentang bermain musik, tetapi ada hal yang lebih penting di dalamnya yaitu kebersamaan dan kekompakan.

Baca Juga: Tradisi Meron Sukolilo 2023, Berikut Tanggal dan Rangakaian Acaranya!

Dalam kesempatan terpisah, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, mewakili panitia berterima kasih kepada tim dari Pati atas penampilan MB Es-Silahy yang membawa unsur budaya Seni Barongan Si Macan Loreng pada ajang Kompetisi Internasional Asian Music Games 2023 yang digelar di Jember 22-24 September 2023.

Hal ini sangat memukau tim juri, peserta, maupun tamu undangan dari luar negeri. Karena selama ini yang mereka tau hanya barongsai. Dan keikutsertaan SB Si Macan Loreng kali ini, membuka mata dunia bahwa Indonesia juga punya kesenian tradisonal asli semacam barongsai yaitu Seni Barongan.

Asian Music Games (AMG) 2023 yang dihelat di Jember merupakan kompetisi Marching Band tingkat Asia pertama. Berdasarkan kesepakatan bersama anggota AMBC (Asian Marching Band Confederation), AMG akan digelar setiap dua tahun sekali.

Diketahui, sampai saat ini AMBC sudah memiliki anggota dari 18 negara di dunia. Namun, yang terkonfirmasi hadir dalam kompetisi AMG 2023 di Jember, hanya ada 9 negara.Yakni, Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia, Jepang, Taiwan, Cina, Singapura, dan Vietnam.

Dalam perhelatan AMG 2023, diikuti oleh 35 tim beregu (grup), 15 tim peserta individual dari Indonesia, dan 17 peserta individual dari mancanegara.

Terdapat 5 kategori perlombaan dalam AMG 2023, yakni Music Battle yang digelar di Alun-Alun Jember, Marching Show Band digelar di GOR PKPSO, Concert Band di GOR PKPSO, Individual di GOR PKPSO, dan International Culture Street Parade.

Terkait penilaian dalam perlombaan itu, AMBC melibatkan delapan juri profesional dari berbagai negara, yakni dari Jepang, China Taipei, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Penilaian dalam perhelatan itu berbasis digital.

Para dewan juri melakukan penilaian secara real dan dapat dilihat oleh masing-masing peserta melalui HP. Dan untuk AMG kedua rencananya akan diadakan di Malaysia pada tahun 2025 mendatang. (VDP & SYI)

Komentar