Pj Bupati Pati Sampaikan Penjelasan APBD 2024 dalam Rapat Paripurna DPRD

(Foto: Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat menyampaikan penjelasan Raperda tentang APBD Kabupaten Pati Tahun 2024 di Gedung DPRD Pati, Jumat 6 Okt 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati kembali menggelar Rapat Paripurna terkait dengan Penjelasan Bupati Pati terhadap Raperda Tentang APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2024.

Rapat Paripurna dilanjutkan Penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Raperda tentang APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2024.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin di ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati. Pada Jum'at (6/10/23) siang.

Dalam kutipan penjelasannya, sesuai dengan agenda rapat Paripurna yang pertama, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menjelaskan dan menyampaikan Nota Keuangan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2024 serta memberikan penjelasan dan gambaran secara umum tentang kondisi keuangan daerah.

Dan di Tahun anggaran 2024 telah Kita sampaikan kepada DPRD Pati, bahwa Pendapatan Daerah diproyeksikan sebesar Rp.2.468.833.800.000,- dan Belanja Daerah dialosikan sebesar Rp.2.563.833.800.000,- sehingga APBD Tahun Anggaran 2024 ini masih mengalami defisit anggaran sebesar Rp.95.000.000.000,-," ungkapnya.

Baca Juga: Dibuka Pj Bupati Forpetra Diharapkan Bisa Bangun Kebersamaan Jelang Tahun Politik

Lanjutnya, berdasarkan proyeksi tersebut pendapatan daerah secara keseluruhan mengalami penurunan target dibandingkan dengan pendapatan daerah pada APBD tahun anggaran 2023.

Sedangkan defisit anggaran tersebut akan ditutup dengan memanfaatkan pembiayaan dari netto daerah.

Menyikapi penjelasan dari PJ Bupati Pati tersebut, DPRD Kabupaten Pati melalui pandangan umum fraksi yang disampaikan secara kolektif oleh Maesaroh juga menyampaikan beberapa masukan, saran dan catatan guna bahan pengambilan keputusan dalam pembahasannya kedepan.

"Pada prinsipnya semua fraksi di DPRD Kabupaten Pati secara kolektif menyetujui terhadap penjelasan dari raperda APBD Kabupaten Pati Tahun anggaran 2024 tersebut. Akan tetapi kami dari fraksi-fraksi juga memberikan beberapa masukan, saran dan catatan agar dalam pembahasannya kedepan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan," tandasnya. (red)

Komentar