Keberhasilan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Pemkab Pati Tergantung Komitmen Semua OPD

(Foto: Sosialisasi Peta Rencana SPBE Kabupaten Pati di Ruang Pragola Setda Pati, Selasa 19 Des 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Harus ada semangat yang harus dimiliki oleh semua Kepala OPD, karena keberhasilan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tergantung komitmen semua OPD.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pati, Jumani mengemukakan hal tersebut pada Sosialisasi Peta Rencana SPBE Kabupaten Pati di Ruang Pragola Setda Pati, Selasa (19/12/23).

Ada peta rencana SPBE ini menjadi guide bagi kita, jadi lebih terarah, ini yang harus kita pahami semuanya, yang tidak hanya mengejar Indeks SPBE saja," jelasnya.

Baca Juga: Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid Tanggapi Insiden Sejumlah Pemotor Bleyer-Bleyer di Acara Kaesang

Menurutnya Indeks saat ini adalah 2,75  diharapkan evaluasi berikutnya mudah-mudahan bisa naik minimal di atas 3, target sampai tahun 2026 bisa 3,14.

Jadi tujuan SPBE yang utama yaitu proses kerja yang yang efektif dan efisien kemudian meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Baca Juga: Pj Bupati Pati Dorong Masjid Desa Dijadikan Garda Terdepan Pengumpulan ZIS

Sementara itu Kepala Diskominfo, Ratri Wijayanto, menjelaskan, amanat digitalisasi yang digaungkan Presiden  berharap adanya kemudahan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarkat.

Baca Juga: Milad HW ke 105, Ketua PDM Pati: Di Tahun Politik Pandu HW Berkewajiban Memandu, Menyukseskan, dan Mengawal Pemilu

Dalam hal ini  untuk melengkapi peta pelayanan SPBE  sudah melakukan koordinasi dengan seluruh OPD yang terkait untuk melakukan pemetaan program yang disesuaikan pada data Renstra.

“Sehingga data program skala prioritas dan dana pendanaan OPD pada 2023 dapat menjadi arsitektur penyusunan SPBE di Kabupaten Pati," tandasnya.

Seperti saat ini untuk kegiatan Tanda Tangan Elektronik (TTE) khususnya di Puskesmas, rekam medis sedang giat-giatnya, dari 29 Puskesmas, 21 telah melaksanakan TTE .

Konsultan SPBE Nanang Ruswianto dari Digitama Sinergi Indonesia, menyampaikan ada tujuh peta muatan perencanaan SPBE, yaitu tata Kelola SPBE, manajemen SPBE, Layanan SPBE, Infrastruktur SPBE, Aplikasi SPBE, Keamanan SPBE dan Audit Tehnologi Informasi dan Komunikasi. (red)

Komentar