Warung Kopi Sebagai Ajang Komsos Babinsa Koramil 14/Gunungwungkal

(Foto: Serda Hurito Babinsa Gajihan Koramil 14/Gunungwungkal bersama warga di salah satu warung di Desa Gajihan Gunungwungkal, Minggu 28 Jan 2024)

Kabarpatigo.com - GUNUNGWUNGKAL - Tubuh hanya satu tapi bisa berada dimana-mana, mata hanya sepasang tapi bisa berfungsi seperti radar perang.

Itulah salah satu ungkapan yang menggambarkan bagaimana sepak terjang Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara.

Peran Babinsa dalam dunia pertahanan sangatlah vital. Apalagi di Negara Indonesia yang menganut doktrin perang semesta dimana TNI sebagai kekuatan inti dan rakyat juga turut melaksanakan bela negara.

Baca Juga: Babinsa Wuwur Koramil 19/Gabus Membantu Kelancaran Kegiatan Karnaval Di Desa Binaan

Tentunya dengan peran penting tersebut tidak dapat dibangun dalam waktu sekejab dalam penyiapan segala sesuatunya.

Baca Juga: Terima Aduan GTT, Ketua DPRD Pati Akan Bersurat ke Pj Bupati Pati

Jaring teritorial sangatlah penting kontribusinya. Untuk membentuknya, Babinsa harus melaksanakan interaksi serta komunikasi secara intensif di wilayah binaan.

Baca Juga: Dandim Pati Sambut Kedatangan Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin

Salah satu methodenya melalui Komsos atau komunikasi sosial yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dan salah satu tempat yang potensial adalah di warung kopi.

Seperti yang dilakukan Serda Hurito Babinsa Gajihan Koramil 14/Gunungwungkal Kodim 0718/Pati, dalam kesehariannya mengandalkan komsos di warung kopi di desa binaan, Minggu (28/1/24).

Menurutnya, ini dapat memudahkan dirinya untuk menyerap informasi serta aspirasi masyarakat dengan tujuan untuk menjaga kondusifitas di desa binaannya.

“Ngopi sambil komsos di wilayah binaan jangan dipandang sepele, meski terlihat remeh tapi ini merupakan senjata ampuh untuk menjaga kondusifitas di desa,” ungkapnya.(red)

Komentar