5 Menu Takjil Favorit dan Spesial Selama Bulan Puasa Ramadhan

(Foto: es buah)

Kabarpatigo.com - Memasuki bulan puasa, tentu tidak lengkap tanpa adanya hidangan takjil dan berbuka yang spesial dan favorit.

Apalagi, kamu bisa menemukan berbagai penjual makanan kaki lima di bulan puasa, mulai dari camilan hingga menu yang berat.

Namun, kamu pasti tidak bisa terus-menerus membelinya, bukan? Soalnya, banyak kebutuhan yang perlu dibeli di bulan puasa, sehingga kamu juga harus berhemat, termasuk dalam hal makanan.

Baca Juga: Ramadhan Tiba, Berburu Ragam Takjil Khas Indonesia

Baca Juga: Ini Rahasia Resep Nasi Gandul Khas Pati, Cocok untuk Menu Sahur Ramadhan

Salah satu solusi agar kamu tetap dapat menikmati menu favorit adalah dengan memasaknya sendiri. Jadinya, kamu bisa mendapatkan menu makanan irit dan sesuai selera.

Indonesia memang terkenal akan sajian kulinernya yang melimpah. Tentunya, kamu bisa membuat menu takjil dan buka puasa yang sangat beragam.

Baca Juga: Masjid Jami' Kajen, Masjid Bersejarah di Pati Peninggalan Waliyullah

Beberapa rekomendasi menu takjil dan buka puasa yang bisa kamu buat selama bulan puasa.

1. Kolak Pisang

(Foto: kolak pisang)

Siapa yang tidak pernah mencicipi kolak pisang saat bulan puasa? Menu takjil sejuta umat ini mempunyai rasa manis yang khas dari perpaduan pisang dan kuah santannya.

Tenang saja, resep kolak pisang tidak sulit buat kamu buat, kok. Pastikan kamu memakai alat masak terbaik, seperti panci dan spatula berikut ini.

2. Es Buah

(Foto: es buah)

Setelah menahan haus dan lapar seharian, es buah menjadi pilihan takjil yang tepat untuk menyegarkan dahaga. Biasanya, es buah berisi semangka, melon, buah naga, serta sirup manis.

Agar lebih mudah dalam membuat es buah, kamu dapat menggunakan alat makan, seperti gelas dan mangkuk berukuran besar berikut ini.

3. Bubur Sagu Mutiara

(Foto: bubur sagu mutiara)

Menu takjil buka puasa berikutnya yang membuat segar di tenggorokan adalah bubur sagu mutiara apalagi disajikan dengan es untuk pelengkap kesegaran.

Apakah menu ini masuk ke daftar menu takjil buka puasa Anda di rumah? jika belum masuk bisa langsung coba dengan melihat resep membuat bubur sagu mutiara yang mudah.

4. Es Cincau Hijau

(Foto: es cincau hijau)

Kurangnya cairan saat puasa bisa menyebabkan terjadinya panas. Jika terus dibiarkan, hal ini tentunya akan mengganggu, bukan? Oleh karena itu, kamu bisa membuat es cincau hijau saat berbuka untuk meredakan panas dalam dan menyegarkan dahaga.

5. Es Kelapa Muda

(Foto: es kelapa muda)

Menu takjil praktis yang tidak kalah menyegarkan adalah es kelapa muda. Selain nikmat, es kelapa muda juga baik untuk tubuh karena bisa menjaga kesehatan pencernaan, mengatur tekanan darah, dan menjaga kolesterol.

Untuk membuat es kelapa muda, kamu hanya memerlukan buah kelapa sebagai bahan utama dan komponen tambahan lainnya, seperti es batu dan lemon. Siapkan juga gelas dan pitcher yang cantik. (red)

Komentar