Membentuk Karakter dan Kepribadian Sosial yang Baik, SMK Muhammadiyah 1 Pati Gelar Pesantren Ramadhan

(Foto: suasana Pesantren Ramadhan 1445 H di SMK Muhammadiyah 1 Pati, Kamis 28 Mar 2024)

Kabarpatigo.com - PATI - Memasuki di pertengahan bulan suci Ramadhan 1445 H, SMK Muhammadiyah 1 (Muhi) Pati menggelar Pesantren Ramadhan di lingkungan sekolah.

Pesantren Ramadhan 1445 H dengan tema "Ramadhan Berkah Jalin Ukhuwwah dan Membangun Karakter Remaja Islami di SMK Muhi Pati dilaksanakan selama dua hari pada Rabu-Kamis, 27-28 Maret 2024.

Baca Juga: Mendikbudristek Nadiem Makarim Cabut Aturan Pramuka sebagai Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah

Baca Juga: MPKSDI Pati Hadiri Pesantren Ramadhan, Korbid PDM Pati: Kegiatan Rutin Penguatan Konsolidasi dan Penguatan Sumber Daya Insani

Acara Pesantren Ramadhan dibuka secara resmi oleh Plt Kepala SMK Muhi Pati, Rully Feranika, MPd. Dalam sambutan pengantarnya beliau menekankan kepada semua siswa untuk tetap semangat belajar walaupun di bulan Ramadhan.

"Di bulan puasa meski dalam kondisi lapar dan dahaga kalian tetap mengikuti semua kegiatan diri kalian ditempa dengan berbagai aktifitas spiritual dan sosial," tutur Rully Feranika.

Baca Juga: Respon Bencana Banjir Demak, UMS Kirim 1.500 Paket Bantuan Sembako dan Baju Baru

Baca Juga: Bersama Lazismu Pati dan Lazisnu Pati, PT Sukun Kudus Santuni 1000 Anak Yatim

Untuk memberikan wawasan keilmuan dalam pengetahuan karakter dan psikologi kepada diri siswa didik, pihak sekolah mengundang narasumber yang kompeten di bidangnya.

Kedua narasumber tersebut diantaranya Direktur Lazismu Pati Luthfi Wildani Lc dengan materi "Ramadhan Penuh Berkah dan Memupuk Rasa Solidaritas Sosial" serta Psikolog dari RS. Fastabiq sehat PKU Muhammadiyah Pati, Dokter Subiantoro SPSI dengan materi "Puasa dalam Perspektif Kesehatan dan Psikologi Sosial".

Koordinator Pesantren Ramadhan Ahmad Dawam menyampaikan dengan adanya kegiatan kerohanian yang berupa Pesantren Ramadhan ini siswa dapat memiliki mental dan karakter kepribadian sosial yang baik.

"Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan siswa dapat beribadah puasa dengan baik dan memiliki mental dan karakter pribadi dan sosial yang baik," kata Dawam.

Dengan penuh khidmat pelaksanaan Pesantren Ramadhan 1445 H ditutup oleh pembina dan ketua Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pati, Sutowo, MPd. (ad)

Komentar