Tiga Kades Hasil Pilkades Serentak 2019 Akhirnya Dilantik Bupati

(Foto : Bupati Pati Haryanto melantik tiga kades hasil Pilkades Serentak 2019 lalu di Pendopo Kabupaten Pati)

Kabar PatiGo.com - Pati Kota - Pelantikan tiga kades hasil pemilihan kades serentak pada bulan Desember 2019 lalu akhirnya terlaksana dengan hikmad pada hari Selasa (17/03/2020) di Pendopo Kabupaten Pati oleh Bupati Pati Haryanto.

Proses pelantikan sempat tertunda karena masa jabatan Kades lama yang memang baru saja usai. Kepala Desa yang dilantik, yakni Kades Bakaran Wetan Kecamatan Juwana, Kades Godo Kecamatan Winong Kidul dan Kades Tlogomojo Kecamatan Batangan.

Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya mengatakan keputusan pelantikan Kades terpilih ini paling lambat 21 Maret 2020. Hal ini sesuai dengan mekanisme yaitu sejak dibentuk panitia, kemudian ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD),  ke Camat, lalu Bupati.

"Pelantikan ini memang dihadiri oleh tamu undangan yang terbatas mengingat situasi dan kondisi saat ini. Yaitu ini sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kabupaten dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona," ujar bupati.

Begitu pula nanti di Desa, Bupati berharap para Kades tidak perlu menggelar acara-acara dengan mengundang massa yang banyak.

"Kita kurangi dan kita tunda dulu. Menunggu hingga situasi aman kembali," imbaunya.

Kepada Kades yang dilantik tersebut, Bupati berpesan agar mereka dapat mengajak masyarakat bersama-sama untuk membangun Desa serta tidak membeda-bedakan tapi harus melayani dengan baik.

"Apabila ada hal yang tidak dipahami, jangan malu dan jangan sok. Terlebih punya pikiran bahwa dirinya Kades, gengsi kalau bertanya. Jangan begitu. Apalagi sampai narik hak bengkok milik perangkat, itu tidak boleh," tegasnya.

(Foto : Saiful Arifin Wakil Bupati ikut hadir dalam proses pelantikan tiga kades hasil Pilkades Serentak 2019 lalu)

Pada acara yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Saiful Arifin (Safin) tersebut, Bupati juga mengimbau agar para kades segera melaksanakan DD maupun ADD. Dan apabila belum paham, bisa segera dikonsultasikan.

Haryanto juga berharap, Kades dapat menyelesaikan persoalan yang ada secara bertahap.

"Anda semua bekerja tidak sehari dua hari, melainkan 6 tahun. Tidak bisa yang namanya menyelesaikan masalah itu secara tiba-tiba," ucapnya. (Red)

#humaskabpati #kadespati #bupatipati #haryanto

Komentar