Pejuang Veteran Dapat Tali Kasih dari Pemkab Pati di Hari Pahlawan

(Foto : Bupati Pati Haryanto)

Kabarpatigo.com - PATI - Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020, Bupati Haryanto memberikan santunan kepada para veteran dan janda veteran. Penyerahan santunan ini diberikan secara simbolis di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (10/11/20)

Acara tersebut juga diikuti oleh Forkopimda Pati, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Kabupaten Pati, serta beberapa perwakilan pejuang veteran dan janda veteran.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Kabupaten Pati, Subawi, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan santunan yang merupakan bentuk kepedulian dan penghargaan Pemda Pati terhadap perjuangan para kaum veteran.

Kegiatan penyaluran santunan tersebut, lanjutnya, juga didasari berdasarkan Perda No. 13 Tahun 2019 tentang APBD 2020 dan Perbup No. 81 Tahun 2019 tentang Penjabaran APBD 2020.

Adapun total santunan yang diberikan adalah sebesar Rp 155.000.000 yang diberikan kepada 155 veteran dan janda veteran. Masing-masing veteran tersebut menerima santunan sebesar Rp 1.000.000," jelas Subawi.

Bupati Haryanto menjelaskan bahwa kegiatan tali kasih kepada para kaum veteran ini dirintis pada masa 2 periode jabatannya.

Jadi, kegiatan tali kasih kapada veteran ini dilaksanakan karena empati Pemda Pati yang kepada para veteran. Santunan yang biasanya diberikan ketika HUT Kemerdekaan RI pun masih terbatas. Sehingga karena itulah kami berusaha menyusun regulasi dan akhirnya, Alhamdulillah, kegiatan tali kasih kepada veteran dan janda veteran ini dapat berjalan hingga sekarang. Bahkan santunan juga sudah ditingkatkan hingga Rp. 1.000.000 seperti sekarang ini," jelas Bupati.

Namun, di samping bantuan santunan tersebut, Bupati Pati mengimbau bahwa hal yang terpenting adalah semangat bagi kita semua untuk mempertahankan semangat berjuang dan tetap memberikan penghargaan kepada para pendahulu atau veteran ini.

Sehingga kita tidak lupa terhadap jerih payah para pahlawan yang telah berjuang. Walaupun kita bukan lah pelaku sejarah ketika dulu, tetapi kita pun ikut merasakannya,” ujar Bupati.

Bupati Haryanto juga memberikan pesan kepada para pejabat yang diberikan kepercayaan dalam menjalankan estafet kepemimpinan untuk melanjutkan perjuangan pembangunan ini, diharapkan agar dapat memanfaatkan kepercayaan tersebut untuk bisa membangun sesuai dengan masing-masing bidang yang diemban.

“Membangun dengan berjuang itu sama. Berjuang tidak harus dengan mengusir penjajah seperti dulu masa penjajahan. Berjuang itu bisa disesuaikan pada situasi dan kondisi yang dihadapi. Kalau sekarang ini kita sedang menhadapi pandemi Covid-19, maka kita harus berjuang dengan mengikuti protokol kesehatan, memberikan edukasi kepada orang-orang terdekat atau pun masyarakat. Sehingga kita dapat memberikan manfaat kepada orang banyak," pesan Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati Pati mengucapkan terimakasih kepada para veteran yang telah berjasa dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kita tidak lupa dengan sejarah. Tapi jangan hanya mengingat perjalanan sejarah saja, namun yang terpenting adalah bagaimana kita bisa melestarikan dan mempertahankan NKRI agar tetap bersatu padu, hidup rukun, gotong royong. Jangan menodai hal yang sudah baik seperti ini dengan menimbulkan perpecahan dan ketidakamanan,” pesan Bupati Pati. (red)

#Haryanto #VeteranPati


Komentar