Mahfud MD: Wawasan Kebangsaan Menjadi Bekal Generasi Muda Menjaga NKRI

(Foto: Menkopolhukam Mahfud MD)

Kabarpatigo.com - SEMARANG - Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM RI Moh Mahfud MD menyampaikan materi kuliah umum dalam Stadium Generale “Peranan Perguruan Tinggi dalam Memperkuat Wawasan Kebangsaan di Masa Pandemi” di Auditorium Ir Widjatmoko Universitas Semarang (USM), Rabu (20/10/21).

Menjadi moderator acara tersebut Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono selain menjadi tamu undangan juga turut menjadi peserta kuliah umum.

Di hadapan mahasiswa baru serta tamu undangan para dekan Fakultas Hukum dari sejumlah perguruan tinggi di Jateng, Mahfud menyampaikan wawasan kebangsaan sangat penting untuk menjadi bekal kepada para generasi muda dalam menjaga NKRI.

Sekarang ini pragmatisasi, politik kepentingan bercampur menjadi satu. Dia mencontohkan pandemi Covid-19 sekarang ini saja menjadi sebuah pertentangan di tengah masyarakat.

Pada sebuah kondisi ada upaya membatasi mobilitas supaya dapat hidup sehat dan terhindari dari pandemi.

“Sumpah Pemuda menjadi sebuah contoh bersatunya berbagai elemen bangsa tanpa memandang perbedaan suku, agama dan etnis. Saat inilah perlu membangun kembali semangat Sumpah Pemuda guna menjawab keraguan akan wawasan kebangsaan kita,” ucapnya.

Usai mengikuti acara itu Ferry Wawan Cahyono merasa wawasan kebangsaan menjadi sebuah tantangan yang harus dijawab bersama semua elemen bangsa untuk menyepakati kembali arti wawasan kebangsaan. (red)

#MahfudMD

Komentar