Aksi Nyata Muhammadiyah Pati Memutus Rantai Covid-19

(Foto : Wakil Ketua MCCC Pati/ Wakil Ketua MCCC PP Muhammadiyah, dr. Aldila, MMR saat Press Conference di Ruang Media Center Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati, Juma't, 18 September 2020)

Kabarpatigo.com - PATI - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati melalui Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), mensikapi situasi kondisi terkini Covid-19 di Kabupaten Pati, memperkuat kembali dalam barisannya untuk memutus rantai Covid-19 di Kabupaten Pati, Juma't (18/9/20).

MCCC yang dibentuk secara struktur mulai dari pusat sampai daerah sejak adanya pandemi covid-19 ini, MCCC Pati beberapa waktu lalu memperkuat kembali barisannya untuk memutus rantai Covid-19 di Pati yang mengalami peningkatan dari zona orange ke zona merah hampir di semua kecamatan.

Wakil Ketua MCCC Pati/ Wakil Ketua MCCC PP Muhammadiyah, dr. Aldila, MMR mengatakan, Kamis (17/9) pihaknya telah memperkuat jaringan internal bersama PD Muhammadiyah Pati secara stuktural melakukan konsolidasi bersama cabang se Kabupaten Pati melalui daring, Memperkuat Gerakan Memakai Masker baik Cabang sampai di Amal Usaha Muhammadiyah, dan masyarakat agar sama-sama secara optimal mematuhi protokoler kesehatan untuk memutus rantai Covid-19.

Melakukan edukasi kepada masyarakat dengan menyakinkan anggapan masyarakat yang sebagian sudah tidak percaya soal pandemi Covid-19, sudah mulai abai protokoler kesehatan dan lain sebagainya, termasuk setiap Kajian Al Islam yang rutin setiap Ahad Pagi secara daring.

PD Muhammadiyah Pati mengapreasi kebijakan Pemerintah Daerah yang telah mengeluarkan Surat Edaran maupun Peraturan Bupati yang sudah disosialiasikan kepada masyarakat, betul-betul bisa berjalan optimal dan butuh dukungan semua elemen masyarakat dalam penegakannya tidak sekedar normatif tapi benar-benar ada aksi nyata sehingga aktualisasinya dapat berjalan optimal.

"Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam berupaya mengoptimalkan dengan ikhtiar kepada masyarakat dan elemen ormas lainnya berjalan berdampingan saling menguatkan sinergi mengajak untuk serius mensikapi perkembangan Covid-19 di Kabupaten Pati secara nyata," ujar Ketua PD Muhammadiyah Pati Muhammad Asnawi, S.Ag, ME.

Dalam pergerakannya, MCCC Pati telah berhasil menghimpun dana sebesar Rp. 81.559.094,- dan telah menyalurkan bantuan kepada korban terdampak Covid-19 yang jumlahnya lebih besar dari dana yang digalang yakni Rp.134.893.100,-.

Secara nasional Muhammadiyah telah mendistribusikan 500.000 masker. Di Kabupaten Pati dari dana tersebut diatas secara konkret disalurkan dalam bentuk sumbangan berupa 605 masker dalam pekan ini, 51 set APD, 1.142 paket sembako. Juga digunakan dalam operasional kegiatan penyemprotan disinfektan di 51 titik, pemasangan banner sosialisasi di 51 titik, dan pemasangan poster di 51 titik.

"Muhammadiyah Pati melalui MCCC Pati merekomendasikan kepada Pemerintah untuk melakukan pengawalan secara ketat atas permberlakuan protokoler kesehatan, menindak secara tegas pelanggaran regulasi yang ada, melakukan kajian evaluasi secara berkala atas implementasi kebijakan, memperluas pembatasan kegiatan masyarakat, memasifkan edukasi, melakukan monitoring dengan pencegahan, isolasi mandiri, dan rehabilitasi pasca pandemi dan mengajak masyarakat berperan aktif penanggulangan Pandemi Covid-19 di Kabupaten Pati," ujar dr. Aldila, MMR.

Muhammadiyah Pati melalui MCCC Pati yang telah memiliki 1 klinik Pratama dan 1 Rumah Sakit mengupayakan peningkatan Kesehatan Masyarakat dengan pencegahan melalui PEP, Upaya Kuratif, Upaya Rehabilitasi, Upaya menanggulangi dampak ekonomi, sosiokultural, psikososial, penguatan jaringan internal sebagai role model terdepan dalam kemanusiaan, press conference, dan kolaborasi dengan segenap elemen masyarakat dan pemerintah. (mtq)

#MuhammadiyahPati #MCCCPati

Komentar