Memasuki Musim Hujan, LPB Pati Dirikan Posko di Tiap Kawedanan

(Foto: Posko Siaga Bencana wilayah Pati Kota di SMP Muhammadiyah 1 Pati Jl. RA. Kartini No. 14 Pati)

Kabarpatigo.com - PATI - Hujan deras beberapa hari ini sudah mulai turun di wilayah Pati bahkan disertai angin kencang. Beberapa waktu lalu pohon-pohon di kawasan kota Pati di jalan Pemuda tumbang diakibatkan hujan disertai angin kencang.

Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Pati saat ini mendirikan Posko Siaga Bencana untuk mengantisipasi darurat banjir dan tanah longsor menghadapi musim hujan dengan intensitas tinggi.

"LPB Muhammadiyah Pati membentuk posko bencana di beberapa kawedanan, Posko untuk hari ini yang sudah terbentuk baru 2 posko relawan kawedanan Pati Kota dan Tayu. Minggu depan menyusul kawedanan Kayen dan Juwana," ungkap Ahmad Dawam ketua Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Pati.

Menurut Dawam curah hujan di wilayah Pati sudah memasuki kategori intensitas tinggi sehingga LPB perlu mendirikan posko siaga, karena Pati cukup rentan akan banjir di musim hujan.

"Tujuan didirikannya posko adalah untuk memudahkan koordinasi relawan dalam rangka mengefektifkan upaya penanggulangan bencana di wilayah masing-masing," imbuhnya.

Keberadaan posko untuk menampung dan menerima laporan dari masyarakat adanya musibah atau bencana yang terjadi. Posko sementara dilengkapi fasilitas sederhana, namun dalam waktu dekat akan didirikan posko tenda.

Sementara itu ketua LPB Ahmad Dawam menambahkan untuk penanganan medis, nantinya LPB akan sinergi dengan Rumah Sakit Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati.

Personil posko nantinya akan ditempati Tim relawan dari Organisasi Otonom (Ortom) Persyarikatan Muhammadiyah secara bergantian terjadwal, begitupun dengan posko-posko yang berada di Kawedanan.

Posko Siaga Bencana juga akan berdiri di tiap kawedanan, untuk kawedanan Pati Kota lokasi posko di SMP Muhammadiyah 1 Pati dan untuk kawedanan Tayu berlokasi di SMK Muhammadiyah 2 Tayu," pungkasnya. (aa)

#MuhammadiyahPati #LPBPati #MDMCPati

Komentar

  1. Untuk personil apakah semua dari LBP Muh, atau boleh juga partisipan relawan perorangan/organisasi lainnya?
    🙏

    BalasHapus
  2. Untuk personil apakah semua dari LBP Muh, atau boleh juga partisipan relawan perorangan/organisasi lainnya?
    🙏

    BalasHapus

Posting Komentar