Hari Jadi Kabupaten Pati Ke 698 Sebagai Momentum Muhasabah Diri

(Foto: wakil Bupati Saiful Arifin dan Bupati Haryanto)

Kabarpatigo.com - PATI - Bupati Pati Haryanto memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke - 698 Kabupaten Pati di halaman Setda Pati, Sabtu (7/8/21).

Upacara secara terbatas itu diikuti oleh Forkopimda, OPD dan camat dengan menggunakan baju adat. Dalam upacara itu, diawali dengan pembacaan Pancasila kemudian sejarah singkat peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati.

Menyampaikan pidatonya, Bupati mengatakan bahwa pada peringatan tahun ini diselimuti suasana kesederhanaan bahkan keprihatinan yang sangat mendalam lantaran pandemi Covid-19.

Haryanto pun mengajak semuanya untuk selalu bersyukur karena masih diberi kesehatan.

"Tak berbeda dengan tahun lalu, berbagai acara kemeriahan ditiadakan. Peringatan ini sebagai momentum untuk lebih bermuhasabah atas kekurangan-kekurangan yang kita miliki dan apa saja yang harus diperbaiki," ujarnya.

Adapun upaya-upaya yang telah dilakukan dalam menangani pandemi ialah kebijakan PPKM, PPKM mikro, PPKM darurat, PPKM level 4 dan saat ini turun menjadi level 3.

Selain itu, dari Pemkab Pati, Polri maupun TNI juga telah membantu dalam penyaluran bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak pandemi serta PPKM level 3.

Usai melaksanakan upacara peringatan Hari Jadi ke - 698 Pati, Bupati Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekda Pati dan Forkopimda melanjutkan ziarah ke makam Adipati Tombronegoro.

Ziarah diawali dengan doa bersama bagi para arwah pahlawan yang telah berjasa dalam membangun Kabupaten Pati. Selanjutnya, dilakukan tabur bunga yang diawali oleh Bupati Haryanto dan diteruskan oleh Forkopimda.

"Kita selalu berupaya meneruskan perjuangan leluhur yang telah berperan membangun Kabupaten Pati. Meskipun diperingati secara sederhana, namun kita tetap mengenang perjalanan sejarah panjang dari para pendahulu. Sehingga, meskipun dihadapkan dengan pandemi, kita berupaya bangkit dari segala ujian. Kabupaten Pati semoga kedepan semakin maju dan semakin sejahtera," jelasnya.

Disinggung tentang kondisi Covid-19, Bupati menyebut bahwa saat ini memang kondisinya melandai, namun jangan langsung lengah karena masih muncul kasus Covid-19.

"Mudah-mudahan kalau kasus Covid - 19 yang ada semakin menurun maka aktivitas masyarakat dapat dibuka secara bertahap," harapnya.

Bupati Haryanto meyakinkan bahwa pihaknya tidak akan menghalangi masyarakat untuk aktivitas secara maksimal apabila kondisinya sudah normal.

Segala kebijakan yang saat ini dilaksanakan semata-mata demi menekan kasus Covid-19 dan menjaga keselamatan warga. (red)

#Haryanto

Komentar