Pemuda Muhammadiyah Pati Gelar Baitul Arqam Dasar, Afza: Diharapkan Nantinya Mencetak Kader Dakwah dan Bangsa

(Foto: Ketua PDM Pati Moh. Asnawi saat menghadiri dan membuka acara Baitul Arqam Dasar di Taman Sardi Dawe Kudus, Sabtu 15 Jan 2022)

Kabarpatigo.com - KUDUS - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Pati dalam rangka memperkuat kaderisasi di lingkungan persyarikatan Pemuda Muhammadiyah menyelenggarakan Baitul Arqam Dasar (BAD).

Baitul Arqam Dasar yang bertema "Meneguhkan Spirit Kader Dakwah dan Kader Bangsa untuk Mewujudkan Pemuda Muhammadiyah yang Unggul dan Berkemajuan" diselenggarakan selama dua hari (Sabtu dan Minggu) di Taman Sardi Dawe Kudus, Sabtu (15/1/22).

Ketua Pemuda Muhammadiyah Pati Afza Fajri Khatami mengungkapkan BAD ini merupakan momentum yang sangat menggembirakan dalam kegiatan jenjang formal Pemuda Muhammadiyah. Dan ia berharap dengan adanya BAD ini akan melahirkan kader persyarikatan.

"Jenjang pengkaderan memahami dengan baik dan benar langkah-langkah Muhammadiyah dan apa peran Pemuda Muhammadiyah. Dan diharapkan nantinya bisa mencetak kader-kader dakwah dan bangsa," ujar Afza.

Sementara itu perwakilan dari Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Jawa Tengah, Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, Aminuddin menyampaikan pentingnya proses pengkaderan di dalam organisasi

"Ini amanat organisasi dalam pergerakan. Ini langka awal dan panjang dalam proses kaderisasi berorganisasi. Kekhawatiran dan kegelisahan kader akan bisa teratasi jika proses kaderisasi berjalan secara reguler dan berkelanjutan," jelasnya.

Kegiatan BAD dibuka secara langsung oleh ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pati, Moh. Asnawi. Menurutnya dalam perkaderan itu akan dirasakan jika sudah pulang dari BAD dan ini sebuah perjalanan proses yang harus dilalui.

"Spirit itu menjadi ruh dalam mengikuti perkaderan di pemuda Muhammadiyah. Di dalam organisasi itu ruhnya itu ya perkaderan," sebut Asnawi.

Dalam persyarikatan Muhammadiyah itu sadar atau tidak sadar membutuhkan momentum pengkaderan seperti ini, pengkaderan butuh kader yang kualitas, loyalitas dan integritas terhadap persyarikatan Muhammadiyah.

"Kaderisasi yang mudah, logis, dan realistis itu adalah pengkaderan di dalam Amal Usaha Muhammadiyah karena di dalamnya ada ikatan emosional," terang Asnawi.

Baitul Arqam Dasar ini diikuti sebanyak 71 peserta yang terdiri dari Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) se Kabupaten Pati, Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah, dan BMT Fastabiq.

BAD dihadiri ketua PDM Pati Moh. Asnawi, PWPM Jateng Aminuddin, Majelis Pendidikan dan Kader (MPK) PDM Pati Ali Khumaidi, ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Lintal Muna, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA), Mareta Puspita Saridan Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Pati. (aa)

#MohammadAsnawi

Komentar