Alumnus Safin Pati Football Academy, Reno Ikuti Trial di Spanyol

(Foto: Safin Pati Football Academy)

Kabarpatigo.com - PATI - Indonesia tak pernah kehilangan bibit-bibit pemain bola dari Provinsi Jawa Tengah. Terdapat beberapa pemain, yang hingga kini bisa disebut sukses bermain di level klub luar negeri.

Ada Kurniawan Yulianto pernah bermain di Italia, dan kini Bagus Kahfi bermain di Liga Yunani. Kedua pemain tersebut diketahui sama-sama berasal dari Magelang, Jawa Tengah.

Namun demikian, kabar membahagiakan itu juga datang dari Safin Pati Sports School. Terdapat alumnus dari akademi sepakbola asal Kabupaten Pati yang tengah berjuang di Spanyol.

Ia adalah Raynata Adi Gautana Setyawan atau akrab disapa Reno. Ia saat ini tengah berjuang dengan menjalani trial di tim Spanyol, FC Malaga City Academy U-17.

Baca Juga: Santunan di Pati Diikuti Seribu Anak Yatim

FC Malaga City Academy memang bukan akademi klub raksasa seperti La Masia. Namun tentunya tetap bisa menjadi batu pijakan untuk kesempatan berkarier di sepak bola Eropa karena memang tidak mudah menembus akademi di klub ternama di Benua Biru.

Reno baru menjalani trial sekitar 15 hari atau sejak pertengahan bulan Maret 2023 ini. Rencananya, striker muda dengan tinggi badan 182 cm kelahiran Malang 13 Maret 2007 atau kini berusia 16 tahun itu akan menjalani trial di Negeri Matador hingga 15 April mendatang.

"Awalnya, saya buka-buka website dan sosmed tim FC Malaga City Academy. Disana ada link untuk apply proses pemantauan atau scoutingnya. Saya coba isi data-data Reno juga CV nya. Termasuk juga tentu catatan dari Safin Pati Sports School dan Persija Academy," kata ayah dari Reno, Indra Setyawan, dikutip dari keterangan tertulis pada Sabtu (1/4/23).

Sempat menyangka gagal karena lama tidak direspons oleh pihak FC Malaga City Academy, namun akhirnya kabar gembira itu datang.

"Ada request dari Akademi Malaga untuk mengirimkan video terbaru yakni 3 bulan terakhir Reno. Kebetulan Reno baru saja selesai menjalani ajang Elite Pro Academy (EPA) bersama tim Persija Jakarta U-16. Juga highlight saat dia mencetak gol kita lampirkan," tambah Indra.

Ternyata kemudian respons positif datang dan Reno dipanggil oleh Akademi Malaga.

"Sebenarnya Reno dipanggil untuk trial pada Januari 2023 lalu. Namun karena usianya belum genap 16 tahun, maka akhirnya menunggu sampai dia ulang tahun ke-16 pada 13 Maret, dan dua hari kemudian langsung terbang ke Spanyol," ucapnya lagi.

"Untuk karir kedepannya, saya tidak pernah membebani Reno dengan target tertentu, kalaupun menjadi pemain profesional adalah pilihannya, saya sebagai orang tua hanya bisa mendukung dan mendoakan semoga dia sukses dengan pilihanya," lanjut Indra.

Sebagai orang tua, ia meyakini ada banyak hal positif dalam sepakbola yang bisa diambil untuk kehidupan sang buah hati kedepan.

"Mulai dari kemandirian, sportivitas hingga juga wawasan luas yang bisa didapat dari sepakbola," ucap Indra. (suaraJawaTengah.id)

Komentar