Meriah dan Syahdu, Musik Angklung Iringi Takbir Keliling Desa Sarirejo

(Foto: Takbir Keliling Desa Sarirejo, Jumat 21 Apr 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Takbir keliling dalam rangka menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1444 H dilakukan dengan cara beragam dan unik oleh warga di wilayah Kabupaten Pati, termasuk salah satunya warga Desa Sarirejo Kecamatan Pati, Jumat (21/4/23) malam.

Dalam takbir tersebut, warga mengarak ogoh-ogoh yang dikeluarkan tiap-tiap Mushala. Ogoh-ogoh tersebut dihias menggunakan lampu sehingga terlihat elegan dengan diiringi lantunan suara takbir anak-anak TPQ yang mengiringi kirab takbir keliling.

Ogoh-ogoh memulai kirab takbir keliling start dari halaman Masjid Nurul Huda dan finish di pendopo Balai Desa Sarirejo. Beragam bentuk ogoh-ogoh dikirab. Di antaranya miniatur Burung Garuda, Kelinci, Merak, Onta, Gajah, Kerbau, Tawon, Masjid, dan lainnya.

Baca Juga: Berjalan Tertib dan Kondusif Ribuan Jamaah Hadiri dan Ikuti Shalat Ied di Halaman Stadion Joyo Kusumo Pati

Dan takbir keliling lebih semarak, ketika musik dan lagu-lagu hari kemenangan dilantunkan oleh musik angklung yang dimainkan sekelompok Remaja Islam Desa Sarirejo di atas mobil Towing.

Acara berlangsung semarak. Semua diliputi kegembiraan. Semua bersuka cita menyambut datangnya hari kemenangan. Tradisi takbir keliling ini tidak hanya mendapat sambutan dari warga Sarirejo, namun juga mendapat perhatian khusus dari warga lain.

"Kali ini saya gak boleh ketinggalan melihat takbir keliling di Sarirejo, makanya saya terus mencari info terkait pelaksanaan takbir keliling," ujar Sari warga Rendole Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo yang datang membawa kedua putranya.

Diakui bahwa kegiatan ini sebagai bentuk syukur kepada Allah atas segala nikmat yang sudah diberikan ke warga Sarirejo dan sebagai dakwah dengan syiar agama.

Pelaksanaan takbir keliling di Desa sarirejo ini dikoordinir oleh Remaja Masjid Nurul Huda yang bekerja sama dengan infrastruktur desa dan mushala yang berada di wilayah Desa Sarirejo. (aa)

(Foto: Suasana Takbir Keliling Desa Sarirejo, Jumat 21 Apr 2023)

Komentar