Wujudkan Pengelolaan Keuangan yang Akuntabel, LPPKM Pati Audit Seluruh Amal Usaha Muhammadiyah di Bidang Pendidikan

(Foto: Ketua Koordinator Bidang LPPKM PDM Pati Taufiq saat mengaudit di SD Muhammadiyah Pati, Rabu 12 Apr 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Lembaga Pembinaan dan Pengawasan Keuangan Muhammadiyah (LPPKM) Pati melakukan audit keuangan di Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bidang pendidikan pada Institusi SD, SMA dan SMK Muhammadiyah 1 Pati.

Audit yang berlangsung selama dua pekan, 3-15 April 2023 ini bersifat reguler dan audit ini juga bersifat pembinaan dan pengawasan secara rutin pada Amal Usaha Muhammadiyah.

Selaku koordinator bidang LPPKM PDM Pati, H.Taufiq mengatakan audit ini sebagai wujud hasil implementasi yang didapat dari workshop pengelolaan keuangan dan aset tetap di setiap AUM.

Baca Juga: Sambut Gebyar Musyda, Aisyiyah Pati Bagi-Bagi Paket Sembako di Bulan Ramadan 1444 H

"Kegiatan ini sebagai wujud implementasi dari workshop pengelolaan keuangan dan aset tetap di masing-masing Amal Usaha Muhammadiyah. Kami berharap secara bertahap pengelolaan keuangan dan aset di Amal Usaha Muhammadiyah maupun Aisyiyah semakin akuntabel," ujar Taufiq sekaligus sebagai Sekretaris PDM Pati saat mengaudit SD Muhammadiyah Pati, Rabu (12/4/23).

Disamping audit reguler, LPPKM PDM Pati juga melakukan pemeriksaan pengelolaan keuangan di tiap Organisasi Otonomi Muhammadiyah tingkat daerah.

Hal ini terkait untuk menunjang akhir periodesasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah masa bakti 2015-2022.

Untuk meningkatkan kinerjanya, LPPKM PDM Pati terus melakukan evaluasi dan ditindaklanjuti dengan workshop/pelatihan para bendahara di Amal Usaha Muhammadiyah Aisyiyah secara bertahap, dan diharapkan pengelola keuangan AUM punya kompetensi.

"Adanya audit dari LPPKM ini agar para bendahara memiliki kompetensi dan pengelolaan keuangan lebih baik, sehingga selama pemeriksaan ini lebih menekankan bersifat pembinaan," pungkas ketua LPPKM PDM Pati H. Subiyanto, SE. (mt)

Komentar