Mengurangi Angka Pengangguran, Disnaker Pati Buka Pelatihan Kerja

(Foto: Disnaker Pati)

Kabarpatigo.com - PATI - Dalam rangka menungurangi angka pengangguran Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pati mengadakan pelatihan keterampilan kerja berlaku untuk umum.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pati Bambang Agus Yunianto membeberkan bahwa pada tahun 2023, telah merencanakan ada 18 paket pelatihan melalui rencana program Balai Latihan Kerja (BLK).

Dan rencanya Unit Pelaksana Teknis (UPTD) BLK Kabupaten Pati akan memberikan pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Dengan adanya pelatihan ini, Dirinya mendorong para pencari kerja di Pati untuk mengikutinya. Agar sebelum mendapatkan pekerjaan, bisa ikut andil dalam pelatihan ini sebagai sarana menambah keterampilan kerja.

Baca Juga: Halal Bihalal Digelar di Lingkungan Kodim dan Polresta Pati, Wujud Soliditas TNI-Polri

"Kita sudah buka, jadi monggo yang belum mendapatkan pekerjaan silahkan mendaftarkan diri," ungkapnya ketika ditemui pada Rabu (3/5/23).

Diketahui jika adanya banyak paket pelatihan pada tahun ini, karena telah dilakukan evaluasi terkait bantuan alat pada tahun kemarin yang ternyata tidak efektif.

Maka sekarang pihak Disnaker merubah skemanya menjadi pelatihan saja, para peserta targetnya punya keterampilan, tanpa diberikan bantuan alat.

"UPTD BLK tahun ini rencana ada 18 paket pelatihan. Ada kenaikan dari tahun kemarin itu 10, sekarang menjadi 18. Kenapa ada penambahan, itu karena untuk paket yang 2022 sebelumnya kita berikan bantuan alat, tetapi setelah dilakukan evaluasi alat ternyata tidak efektif," jelasnya.

Rencana pelaksanaan dari paket tersebut, Bambang menyebut pendaftaran telah dibuka semenjak kemarin. Maka masyarakat dihimbau untuk segera mendaftar agar bisa mengikuti tahap seleksi. Karena pelatihan diperkirakan akan dimulai pada tanggal 8 Mei mendatang.

"Untuk pendaftaran bisa dilakukan langsung di disnaker, datang langsung ke BLK, atau aplikasi siap kerja. Karena nanti tanggal 8 Mei, sudah mulai Ready pelatihannya," pungkasnya. (jurnalindo)

Komentar

  1. Pelatihan Kerja ini seyogyanya Disnaker Pati tidak hanya mempercayakan pada BLK tapi juga melibatkan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK)

    BalasHapus

Posting Komentar