Tingkatkan Kemampuan Literasi, SMP Muh 3 Sukolilo "Islamic Fullday School" Adakan Uji Kompetensi Literasi

(Foto: Camat Sukolilo Andrik Sulaksono hadiri acara Uji Kompetensi Literasi di SMP Muhammadiyah 3 Sukolilo, Senin 22 Mei 2023)

Kabarpatigo.com -SUKOLILO - Untuk meningkatkan minat baca dan literasi pada diri siswa, SMP Muhammadiyah 3 Sukolilo "Islamic Fullday School" mengadakan kegiatan Uji Kompetensi Literasi, Senin (22/5/23).

Ada tiga materi dalam uji kompetensi literasi yang diujikan diantaranya Baca Tulis Alquran, Bahasa Jawa, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Uji kompetensi literasi ini berlangsung dua hari, Senin-Selasa, 22-23 Mei 2023.

Dengan dilaksanakannya uji kompetensi literasi, diharapkan nantinya siswa mampu mengukur kemampuan literasi baca tulis secara akademis.

"Uji kompetensi ini untuk mengukur secara akademis kemampuan literasi siswa kelas 7 Baca Tulis Quran dan Bahasa Jawa, kelas 8 Bahasa Arab, dan kelas 9 Bahasa Inggris," jelas Triyono kepala sekolah SMP Muhammadiyah 3 Sukolilo.

Menurut Triyono, uji kompetensi literasi yang diujikan kepada siswa kelas 7 dan 8 ini merupakan sebagai syarat untuk mengikuti penilaian sumatif kenaikan kelas, dan kelas 9 syarat untuk kelulusan.

Baca Juga: Forum Guru Muhammadiyah Gelar Workshop dan Halal Bihalal untuk Guru Muhammadiyah Se Kabupaten Pati

"Untuk kelas 7 dan 8 uji kompetensi literasi ini sebagai syarat untuk mengikuti penilaian sumatif kenaikan kelas, kelas 9 sebagai salah satu syarat kelulusan," imbuhnya.

Pelaksanaan uji kompetensi literasi ini dihadiri oleh internal persyarikatan Muhammadiyah diantaranya Ketua Dikdasmen Muhammadiyah Pati, Ketua Dikdasmen Muhammadiyah Sukolilo, PCM, PCA, PCPM, dan PCNA.

Selain dihadiri oleh internal persyarikatan, hadir pula dari undangan eksternal, yakni Camat Sukolilo, Kepala Desa Sukolilo, Praktisi Pendidikan, Kepala SD sekitar, serta Penguji Internal dan eksternal kegiatan uji kompetensi, bahkan ada penguji dari luar negeri (Zimbabwe dan Mesir).

Dalam sambutannya dihadapan tamu undangan dan peserta uji kompetensi, Camat Sukolilo, Andrik Sulaksono kagum terhadap siswa yang mumpuni dalam mengikuti uji kompetensi literasi, ia berharap nantinya ada siswa yang sekolah di luar negeri. (aa)

Komentar

Posting Komentar