17 Titik Lokasi Shalat Idul Adha Berjalan Kondusif, PDM Pati: Tingkat Kedewasaan Masyarakat Pati dalam Beragama Makin Maju

(Foto: Ketua PDM Pati M. Luqman saat jadi khatib shalat Idul Adha di PCM Keling Jepara, Rabu 28 Jun 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati pada Idul Adha tahun 2023 ini melaksanakan shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada hari Rabu (28/6/23).

Pelaksanaan shalat Idul Adha ini atas maklumat yang diterima oleh PDM dari PP Muhammadiyah sebagai garis lurus dalam berorganisasi dan berdakwah.

PDM melaksanakan shalat Idul Adha berlokasi di Halaman parkir Stadion Joyo Kusumo Pati dengan Imam dan Khatib Ust. Ahmad Syarif, S.ThI, M.Pd.

Selain di halaman stadion Joyo Kusumo Pati, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se Kabupaten Pati sebagian juga menyelenggarakan shalat Idul Adha pada hari yang sama.

Ada 17 titik lokasi pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 H yang tersebar di wilayah Muhammadiyah Pati. Menurut informasi yang diterima pelaksanaan shalat Ied berjalan lancar dan aman.

Hal ini disikapi positif oleh ketua PDM Kabupaten Pati, M. Lukman atas terselenggaranya shalat Ied di cabang atau ranting yang tersebar di wilayah Pati berjalan aman, lancar, dan kondusif.

"Alhamdulillah shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 H/ 28 Juni 2023 M yang diselenggarakan Muhammadiyah di 17 titik di Kabupaten Pati berjalan lancar, aman dan kondusif. Ini menunjukkan tingkat kedewasaan masyarakat Kab. Pati dalam beragama telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan," ungkap M. Lukman.

Menurut pria asal Tayu ini, kedewasaan beragama ini tidak hanya ditunjukkan saat pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan Kurban yang dilakukan tepat di hari Raya Kurban tanggal 10 Dzulhijjah saja, bahkan sejak tanggal 9 Dzuhijjah saat warga Muhammadiyah meyakini untuk berpuasa Arofah, dan sebagian warga Nahdlatul Ulama juga sama-sama menjalankan puasa, namun bukan untuk puasa Arofah, melainkan puasa Tarwiyah sebagaimana keyakinannya, semua berjalan biasa dengan tetap saling menghormati dan menghargai keyakinannya masing-masing.

Baca Juga: Ketua PDM Pati, M. Luqman Jadi Imam dan Khatib di PCM Keling Jepara, Ini Isi Khotbahnya! 

Selain itu M. Lukman juga menekankan kepada warga Muhammadiyah untuk tidak ragu menerima dan melaksanakan keputusan yang diberikan oleh PP Muhammadiyah, menurutnya Ijtihad PP dan Majelis Tarjihnya penuh kehati-hatian dalam merumuskan dan memutuskan.

"Harapan kami kepada segenap warga Muhammadiyah Pati khususnya kedepan untuk tidak ragu dan takut dengan kebenaran keyakinannya. Karena hasil Ijtihad PP Muhammadiyah dengan Majelis Tarjihnya Insyaallah sudah dilakukan dengan penuh kehati-hatian guna meminimalkan potensi kesalahan demi keselamatan umat. Meski demikian, dalam mengimplementasikan keyakinannya itu tidak harus secara atraktif dengan merasa paling benar dan menganggap salah bagi yang berbeda pandangan atau pendapat," harapnya.

Untuk menjaga dan merawat kerukunan baik sesama atau antar umat beragama di masyarakat Pati, M. Lukman mengajak dalam memajukan Kabupaten Pati diperlukan adanya sinergi dan kolaborasi, terutama semangat menjaga kebhinekaan lokal dan global.

"Kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Pati kami mengajak untuk bersama-sama saling bersinergi dan berkolaborasi dalam merawat kerukunan inter dan antar umat beragama sebagai modal dasar mamajukan Kabupaten Pati dalam berbagai bidang kehidupan dengan semangat kebinekaan lokal dan kebinekaan global," pungkasnya. (aa)

Komentar