Kompetisi Liga Usia Dini Kelompok Umur 12 dan 14 Digelar Askab PSSI Pati

(Foto: Peserta Kompetisi Liga 1 Askab PSSI Pati)

Kabarpatigo.cim - PATI - Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Pati menggelar kompetisi usia dini berformat liga.

Kompetisi ini bertajuk Liga 1 Askab PSSI Pati. Terdapat dua Kelompok Usia (KU) yang dipertandingkan, yakni KU12 dan KU14.

Pertandingan digelar dua pekan sekali. Untuk tim-tim KU12 digelar tiap Sabtu. Adapun untuk KU14 digelar tiap hari Minggu.

Tempat pertandingan di Lapangan Sepak Bola belakang SMPN 6 Pati.

Adapun seremoni pembukaan sekaligus kick-off perdana dipimpin oleh Sekretaris Askab PSSI Pati, Ahmada Mangkunegara, Sabtu (8/7/23).

Ketua Panitia Pelaksana, Gunawan Pudjianto, menjelaskan bahwa tim-tim yang berkompetisi di liga ini merupakan hasil seleksi pada 2022 lalu.

Baca Juga: Menunjang Strategi Permainan, Pemain Persipa Pati Digenjot Latihan Fisik

"Semula ada delapan tim (di tiap kelompok umur). Tapi ada satu tim yang mengundurkan diri, sehingga terdiri atas tujuh tim yang bertanding hari ini. Liga berlangsung sampai Agustus mendatang. Pertandingan setiap Sabtu dan Minggu dalam dua pekan sekali," kata dia.

Sekretaris Askab PSSI Pati, Ahmada Mangkunegara, menegaskan bahwa pembinaan sepakbola tidak bisa dilakukan secara instan, melainkan harus melalui proses panjang.

"KU 12 kalau dipaksakan latihan seperti usia 14 atau  16, hasilnya tidak akan sempurna sesuai harapan. Tiap kelompok umur punya porsi latihan tersendiri," ujar dia.

Dia berharap, kompetisi ini bisa menjadi bagian penting dalam pembinaan sepakbola usia dini di Pati.

"Kami harap kompetisi ini bisa berjalan lancar dan sukses. Junjung tinggi sportivitas," ungkap dia.

Ahmada menambahkan, dalam rangka pembinaan usia dini, Askab PSSI Pati juga membuka program Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Daerah (PPLOD) di SMPN 6 Pati.

"SMPN 6 Pati membuka kelas khusus olahraga atau PPLOD. Ini salah satu program Askab PSSI Pati dalam menggali dan menghasilkan talenta sepak bola muda. Sudah dibuka tahun ini dan sudah ada yang mendaftar," kata dia. (TribunJateng.com)

Komentar