Pemkab Pati Borong Penghargaan BerAKHLAK dari Accelerated Transformation Consulting International dan Kemenpan RB

(Foto: Sekda Pati Jumani menerima penghargaan piala BerAKHLAK di Menara Jakarta, Senin 24 Jul 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Berita gembira hadir dari Pemerintah Kabupaten Pati yang memborong dua piala BerAKHLAK melalui hasil survei budaya organisasi yang dilaksanakan oleh Accelerated Transformation Consulting International pada hari Senin (24/7/23), di Menara 165, Jakarta.

Sehubungan dengan peluncuran Core Values BerAKHLAK oleh Presiden RI Joko Widodo, maka KemenPANRB bekerja sama dengan Accelerated Transformation Consulting International untuk melakukan pengukuran survei BerAKHLAK bagi seluruh kementerian, lembaga pusat, dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Piala yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Pati (Pemkab Pati) meliputi Juara 3 Pemerintah Kabupaten dengan Indeks Implementasi BerAKHLAK dan Top 10 Nilai Akuntabel.

Penyerahan piala dilakukan langsung oleh Ary Ginanjar Agustian selaku founder Accelerated Transformation Consulting International kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Pati Jumani.

Selain dihadiri Sekda, acara itu juga diikuti oleh Sekretaris BKPP Rizki Hermanu, Kabag Organisasi Setda Indah Pebriana Wijayanti, dan Analis Kebijakan Ahli Muda pada Bagian Organisasi Setda Yeni Jayanti.

Mengacu pada hasil survei budaya Pemkab Pati, benchmark dengan hasil lainnya, indeks implementasi BerAKHLAK 442 instansi ASN sebesar 60,9%, sedangkan indeks implementasi BerAKHLAK Pemerintah Kabupaten Pati ada pada angka 64,7, dimana organisasi telah mengimplementasikan BerAKHLAK dalam perilaku kerja sehari-hari dengan baik.

"Apabila dibandingkan dengan rata-rata indeks implementasi BerAKHLAK di instansi ASN seluruh Indonesia dan rata-rata Pemerintah Kabupaten lainnya, Pemkab Pati berada pada nilai rata-rata yang lebih tinggi," terang Jumani.

Kemudian jika dibandingkan dengan masing-masing nilai dalam BerAKHLAK, menurut Sekda, indeks Akuntabel, Kompeten, Harmonis, dan Adaptif secara konsisten memiliki angka indeks yang lebih tinggi dari rata-rata 442 instansi ASN dan 281 instansi Pemerintah Kabupaten.

Ia pun mengatakan bahwa bertanggung jawab, bekerja sama, dan disiplin merupakan perilaku dengan voters terbanyak yang mempresentasikan pegawai secara pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pati secara organisasi saat ini serta kedepannya. Dan ada sekitar 2116 responden (ASN Pemkab Pati) yang terlibat menyuarakan pendapatnya.

Melanjutkan ucapannya, Jumani melimpahkan rasa syukur atas penghargaan yang didapatkan oleh Pemerintah Kabupaten Pati.

Sementara itu, pihak Accelerated Transformation Consulting International pun menjelaskan tentang hasil survei mengenai BerAKHLAK pada Pemerintah Kabupaten Pati.

"Bahwasannya yang tertinggi memang Nilai Akuntabel, namun masih ada yang perlu menjadi perhatian bagi Pemkab Pati dalam Nilai Adaptif," terang Ary.

Sehingga melihat dari hasil yang ditampilkan, menurutnya, nilai Akuntabel menjadi nilai yang patut dibanggakan dan dipertahankan ke depannya.

Dari nilai yang diberikan, saya rasa realitas di lapangan memang benar seperti itu, yakni tentang bagaimana budaya organisasi di Kabupaten Pati," tegas Sekda. (red)

Komentar