Berikut Visi Misi Prabowo-Gibran: Asta Cita

(Foto: Gibran Rakabuming Raka -Prabowo Subianto sebagai Bacawapres dan Bacapres)

Kabarpatigo.com - JAKARTA - Pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar capres-cawapres ke KPU pada Rabu (25/10/23). Mereka mendaftar di hari terakhir pendaftaran.

Pasangan ini diusung oleh Koalisi Indonesia Maju, yakni 4 parpol parlemen: Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PAN; serta 5 parpol nonparlemen: PBB, Partai Gelora, Partai PRIMA, Partai Garuda, dan PSI.

Baca Juga: Berikut Struktur Lengkap Tim Kampanye Nasional Pasangan Prabowo-Gibran

Prabowo-Gibran mengusung visi “Bersama Indonesia Maju, Menuju Indonesia Emas 2045”. Selain itu pasangan ini memiliki 8 misi yang disebut Asta Cita.

Berikut 8 misi Asta Cita pasangan Prabowo-Gibran:

1. Memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM).

2. Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur.

3. Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.

4. Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba.

5. Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.

Baca Juga: Ada Gibran, Golkar Optimistis Menang Suara di Jateng

6. Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.

7. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.

8. Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Dapat Dukungan Sejumlah Pengasuh Ponpes di Pati, Ini Alasannya!

Untuk mencapai misi tersebut, pasangan Prabowo-Gibran memiliki 8 program hasil terbaik cepat dan 17 program prioritas.

Berikut 8 program hasil terbaik cepat:

1. Memberi makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil.

2. Mencetak dan meningkatkan produktivitas lahan pertanian dengan lumbung pangan desa, daerah, dan nasional.

3. Melanjutkan dan menambahkan program kartu-kartu kesejahteraan sosial serta kartu usaha untuk menghilangkan kemiskinan absolut.

4. Melanjutkan pembangunan infrastruktur desa, Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan menyediakan rumah murah bersanitasi baik untuk yang membutuhkan.

5. Menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis, menurunkan kasus TBC 50% dalam lima tahun dan bangun RS lengkap berkualitas di kabupaten.

6. Membangun sekolah-sekolah unggul terintegrasi di setiap kabupaten, dan memperbaiki sekolah-sekolah yang perlu renovasi.

7. Menaikkan gaji ASN (terutama guru, dosen, dan tenaga kesehatan), TNI/Polri, dan pejabat negara.

8. Mendirikan Badan Penerimaan Negara dan meningkatkan rasio penerimaan negara terhadap produk domestik bruto (PDB) ke 23%. (red)

Komentar