Griya Lansia Aisyiyah Terima Kunjungan TP PKK Kabupaten Pati

(Foto: Kalayan Griya Lansia Aisyiyah Pati terima bingkisan dari TP PKK Pati, Jumat 20 Okt 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Griya Lansia ‘Aisyiyah Pati menerima kunjungan dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pati dalam kegiatan Pengarusutamaan Gender pada Jumat (20/10/23).

Di lingkungan terjadi permasalahan keluarga, adanya lansia yang terlantar dan tidak mempunyia saudara. Kelompok lanjut usia duafa perlu mendapatkan perhatian, perlindungan, dan kesejahteraan. Griya Lansia, milik ‘Aisyiyah Kabupaten Pati ini dibangun tahun 1980 dan mulai beroperasional tahun 2020. Tujuan didirikannya adalah untuk membantu para lansia yang duafa, miskin, terlantar, dan tidak ada yang mengurusi, serta mendampingi lansia menuju akhir hayat yang husnul khatimah,” terang Lintal Muna selaku Korbid Majelis Kesejahteraan Sosial (MKS) Pimpinan Daerah Aisyiyah Pati menceritakan sejarah berdirinya Griya Lansia.

Agar Ibu kerasan di Griya Lansia ‘Aisyiyah, selalu sehat walafiyat, memanfaatkan waktu sesuai jadwal yang ditentukan pengurus untuk beribadah, mengisi umur dengan kegiatan yang bermanfaat, menyenangkan, dan membahagiakan, serta mendapatkan bekal kehidupan selanjutnya,” ungkap Ketua TP PKK Pati, Faisa Mukti Septyani.

Baca Juga: PDM Pati Terima Kunjungan dan Silaturahmi PWM Jateng di RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah

Indarwati, selaku ketua Griya Lansia ‘Aisyiyah menyampaikan, “persyaratan calon penghuni yang harus dipenuhi adalah berusia 60-80 tahun, atas dasar keinginan sendiri, tidak pikun berat, tidak memiliki penyakit menular, tidak gangguan jiwa, dalam kedaaan dapat berjalan, mandiri, dan ada pihak keluarga yang bertanggung jawab. Tentunya, tidak dipungut biaya cukup dengan melampirkan surat keterangan dari desa.”

Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Pati, Tjahyani Hasana menyampaikan, “Amal usaha Griya Lansia ‘Aisyiyah menjadi ladang amal dan mensinergikan program kerja majelis dan lembaga PDA Pati. Kolaborasi Majelis Kesejahteraan Sosial (MKS) dengan Majelis Tabligh dan Ketarjihan (MTK) mengajarkan membaca al-Quran, ibadah salat, MKES memeriksa kesehatan, LBSO mengadakan senam lansia. Juga  memberi kesempatan masyarakat menjadi relawan untuk mengajak menyalurkan infaq sedekah ke Griya Lansia.”

Pada akhir kegiatan terdapat pemberian bingkisan untuk kalayan dan infaq untuk Griya. Kalayan merasa bergembira dan bahagia menerima apresiasi dari TP PKK Pati. (nrt)

Komentar