Melalui Cetak Para Pelatih Qabilah, HW Jateng Terus Menggerakkan Perkaderan

(Foto: Peserta Pelatihan Jati I Blora foto bersama di sela-sela kegiatan di SMK Muhada Todanan Blora, Sabtu 23 Des 2023)

Kabarpatigo.com - BLORA - Sebagai wadah perkaderan dengan kegiatan yang menarik dan menantang. Kwartir Daerah Hibul Wathan (Kwarda HW) Kabupaten Blora menggelar Pelatihan Jati I Blora.

Pelatihan Jati I Blora yang dihadiri ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA), Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA), dan Kepala Sekolah ini dilaksanakan di SMK Muhada Todanan Blora selama 4 hari yang dimulai pada tanggal 19-23 Desember 2023.

Upaya meningkatkan kualitas kepelatihan, panitia menghadirkan instruktur atau pelatih dari internal kepanduan diantaranya Ramanda Senen Budiarto selaku ketua, Ramanda Wartono anggota, Ramanda Guntur anggota, Bunda Emam anggota, dan Ramanda Taufiq selaku supervisi.

Baca Juga: Manfaatkan Liburan, Ponpes Almanaar Muhamadiyah Pemalang Sukses Gelar Almanaar Beautiful Camp

Ketua Kwartir Wilayah Hibul Wathan (Kwarwil HW) Jawa Tengah, Taufiq yang juga selaku supervisi Jati 1 Blora dalam sambutan pembukaan menyampaikan apresiasi potensi kader persyarikatan yang dimiliki Blora.

"Blora memiliki potensi kader persyarikatan. Melalui HW wujudkan visi Muhammadiyah sebagai wadah perkaderan dengan kegiatan yang menarik, menantang, dan menyebabkan dalam bingkai jati diri kepanduan yang Islami dengan prinsip metode kepanduan hizbul wathan," ucap Taufiq.

Baca Juga: Tingkatkan Skill Praktisi Khitan, RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati Adakan Pelatihan Khitan Modern Metode Lem

Sementara itu dalam acara penutupan, Budi Sudiarso hadir langsung mewakili dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Blora. Dalam sambutannya ia berharap ada tindak lanjut dari hasil kepelatihan Jati I Blora ini.

"Peserta jati 1 kali ini sejumlah 49 dengan lulus tanpa syarat sejumlah 35 dan bersyarat sejumlah 14 orang. Dari hasil Jati I telah disepakati atas Rencana Tindak Lanjut (RTL) setiap pelatih pasca Jati 1 dengan target akhir maret sudah melaksanakan tindaklanjut atas RTLnya," harap Budiarso.

Kegiatan Pelatihan Jati I Blora secara terdaftar ada 55 orang, namun setelah dicek kembali yang aktif mengikuti sampai akhir sebanyak 49 peserta. Dari sekian peserta yang lulus tanpa syarat ada 49 orang sedangkan lulus bersyarat ada 14 orang.

Kegiatan kepelatihan yang diselenggarakan di Blora ini bagi Kwarwil Jateng merupakan agenda perkaderan di awal periodesasi dengan mencetak para pelatih Qabilah.

"HW Jateng menggerakkan perkaderan di awal periodisasi melalui cetak para pelatih qabilah," tutup Taufiq. (aa)

Komentar